Jumat, H / 29 Maret 2024

Mudik Sekaligus Kulineran, Ini Titik-titiknya.

Jumat 17 May 2019 09:46 WIB

Reporter :Redaksi

Kuliner saat mudik lebaran

Foto: Dirjenhub Darat

ESQNews.id, JAKARTA - Mudik menjadi perjalanan tahunan khas masyarakat Indonesia. Berkumpul bersama sanak saudara ketika hari raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang mendarah daging.


Namun tidak sedikit mereka yang mudik melupakan hal-hal yang menyenangkan di perjalanan. Misalnya saja kuliner saat berbuka puasa saat menempuh setengah jalan.


Dirjen Perhubungan Darat merilis ada setidaknya 82 titik kuliner di jalur Pantura yang sayang untuk dilewatkan? Di mana saja?


Untuk para pemudik yang akan mudik ke arah barat, dua titik yang bisa dijadikan spot untuk istirahat adalah Cilegon dan Serang. Ayam Bekakak dan Nasi Gonjleng bisa jadi menu pilihan saat melewati kota yang terletak di Provinsi Banten ini.


Jika Pemudik ke arah timur, ada banyak tempat. Beberapa diantaranya adalah Karawang, Cirebon, Brebes, Tegal dan Pemalang. Di sini bisa diambil satu perwakilan yakni Cirebon dengan empal gentongnya.


Masuk ke Jawa Tengah, ada Pekalongan, Batang , Semarang, Salatiga, Solo, Ngawi, Kertosono dan Mojokerto. Di Kota Semarang, ada Sate dan Gule Kambing yang terkenal sangat nikmat.


Selepas itu, ada bagian dari Jawa Timur. Yakni Surabaya, Pasuruan, Malang, Probolinggo, Situbondo hingga Banyuwangi. Di Surabaya sebagai perwakilan bisa ditebak, ya, Nasi Rawon bisa jadi pilihan untuk menyegarkan kembali rasa lapar dan haus di perjalanan.


Peta Lengkap Kuliner Perjalanan Mudik bisa diunduh di SINI.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA