Jumat, H / 29 Maret 2024

Mudik Asik Hemat Limbah Plastik

Sabtu 16 Jun 2018 16:00 WIB

Santi Rahmawati

Reuseable Eco Business Indonesia Bag

Foto: Edy Fajar Prasetyo

ESQNews.id, JAKARTA - Musim mudik saat libur lebaran sudah menjadi tradisi khas di Indonesia. Silaturrahim dan saling meminta maaf menjadi salah satu kegiatan wajib yang dilakukan saat Hari Raya Idul Fitri tiba.


Namun, bagaimana bila di hari yang fitri ini sebagai pemudik justru kita malah menjadi salah satu donatur sampah terbesar?

Niat yang awalnya fitri akan terkotori dengan sesatu hal kecil sehingga menjadi tidak berarti. 


Data berdasarkan Earth Hour Tangerang dikatakan bahwa 1 juta kantong plastik digunakan setiap menitnya, akan tetapi dibutuhkan waktu 500-1000 tahun untuk mengurai sampah plastik di alam. Selain itu, satu juta unggas dan 100.000 mamalia mati setiap tahunnya akibat pencemaran sampah plastik.


Bukan hal yang tidak mungkin apabila kita menjadi pemudik yang cerdas dengan menghemat sampah plastik. Berikut ini founder Eco Business Indonesia selaku Duta Earth Hour, Edy Fajar Prasetyo membagikan tips mudik asik tanpa sampah plastik agar perjalanan mudik kita menjadi lebih lestari.


1. TILAWAH (TIdak LupA WAdah sampaH)

Perjalanan yang jauh tentunya akan banyak menghabiskan perbekalan untuk kita konsumsi jadi pastikan agar saat mudik membawa tempat sampah moveable di mobil atau motor yaa.


2. TOBAT (TOlak Berbagai Alat plasTik)

Sebisa mungkin karena kita mengetahui dampak dari plastik, hal yang bisa kita lakukan adalah dengan mengurangi bahkan menolak penggunaannya, seperti contohnya:  

- Tidak perlu menggunakan sedotan plastik #NoStrawMovement

- Tidak memakai kantong plastik kresek dan menggantinya dengan kantong reusable yang bisa digunakan berulang

-Tidak memakai sendok atau garpu plastik sekali pakai kita bisa menggantinya dengan selalu membawa tempat makan 1 set yang dilengkapi sendok garpu yang bisa dipakai berulang.

- Tidak membeli minuman kemasan berlian kita bisa membawa Tumbler/ botol air minum untuk bisa di isi ulang, adapun titik titik yang bisa dilakukan pengisian seperti di posko posko mudik, warung makan bahkan SPBU tertentu yang tersedia selama diperjalanan.


3. PUASA (PUngut Apapun SAmpahnya)

Selama diperjalanan mudik kita juga bisa terus menebar kebaikan dengan cara sederhana loh, saat kita sudah bertanggung jawab dengan sampah pribadi kita, tidak ada salahnya juga ketika kita memberi teladan bagi masyarakat yang lain dengan cara menjadi penggemar #LISA “LIhat Sampah Ambil”, karena boleh jadi aksi sederhana kita saat memungut sampah bisa menggugah orang lain untuk melakukan hal yang sama, oh ya apalagi saat sholat Idul Fitri biasanya banyak warga yang sering membawa alas koran bekas untuk alas sajadah, nah itu bisa jadi ladang kebaikan yang banyak buat kita apabila mau membersihkannya.


Nah, itulah hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengurangi penggunaan sampah plastik. Semoga bermanfaat bagi Anda para pemudik dimanapun berada.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA