Kamis, H / 28 Maret 2024

Menyelesaikan Konflik (1)

Jumat 17 Apr 2020 09:41 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: kinbox.com

ESQNews.id, JAKARTA - Apakah Anda stres saat anak-anak bertengkar? Seorang ibu bahkan merasa gagal menjadi orangtua ketika melihat anak-anaknya berkelahi. Pernah terlintas di benaknya untuk memisahkan anak-anaknya itu agar pertengkaran di antara mereka tidak terjadi.


Seorang ayah yang mengaku anaknya sering bertengkar mengeluh, “Bagaimana tidak stres, tidak ada makanan berantem, sudah saya bawakan makanan juga, mereka berebutan. Tidak ada mainan mereka berantem, dibelikan mainan juga justru malah jadi sebab pertengkaran.”


Bagaimana sebenarnya mengatasi pertengkaran?


<more>


Banyak orangtua yang tidak tahan tatkala anak-anaknya berselisih. Namun, dengarlah penuturan seorang ahli, "Every conflict offers an opportunity to teach”. Demikian disampaikan Becky A. Bailey Ph.D. dalam bukunya Easy to Love, Difficult to Discipline.


Ketika konflik terjadi, kita bisa berkata pada diri kita sendiri, "Inilah kesempatan untuk mendidik dan membuat mereka belajar."


Bailey mengatakan bahwa pada saat konflik terjadi, kita sebagai orangtua bisa memilih: menganggapnya sebagai peluang untuk mendidik anak atau kesempatan untuk menyalahkan dan menghukum mereka.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA