Minggu, H / 05 April 2020

Pesan Ary Ginanjar untuk Erick Thohir: Diperlukan Mental Juara Atlet di BUMN

Senin 28 Oct 2019 07:55 WIB

Source : Ary Ginanjar Agustian

Menteri BUMN, Erick Thohir dalam acara Kongres Istimewa Komite Olimpiade Indonesia Tahun 2019

Foto: Instagram @erickthihir

"If you are talking about business and management you are talking about people behaviour "


ESQNews.id, JAKARTA - Founder ESQ Leadership Center pernah berbincang panjang lebar dengan Dirut PUSRI, Mulyono. 


"Saya paham tantangannya. Satu sisi PUSRI harus untung agar bisa survive, tapi satu sisi harus melayani petani dengan harga murah," papar Ary Ginanjar Agustian.


Selain itu Ary manambahkan bahwa terdapat masalah pesaing swasta dan pupuk dari Cina yang di bawah harga. Ditambah disruptive era yang membuat petani sudah semakin cerdas dan informasi yang serba terbuka, dan perubahan yang berjalan cepat seiring berjalannya waktu


“Saat ini Pupuk masih disubsidi oleh pemerintah. Lalu apa jadinya apabila subsidi dilepas lalu terjadi pasar bebas?” tanya Ary.


Menurutnya, tidak bisa tidak inovasi dan kreatifitas "tingkat dewa" harus dilakukan.


"Saya yakin dan percaya segala strategi harus dikeluarkan, sampai dengan 'Jurus Dewa Mabok' kalau perlu," ucap Ary, sang lulusan Universitas Udayana ini.


<more>


Ary menambahkan bahwa tantangan berat bukan hanya terletak pada sisi terobosan strategi yang hebat. Akan tetapi dari sisi mindset hebat.


“Apakah itu? SDM yang selama ini bermental ‘konses’ harus berubah ke mental entrepreneur bermental baja, yang berjiwa inovasi tingkat tinggi. BUMN harus punya Komite SDM yang mencari talent unggul berjiwa ATLET JUARA,” tegas peraih penghargaan Tokoh Perubahan Republika tahun 2005 ini.


Menurut Ary hal yang sama terjadi di BUMN bukan hanya pada dunia pupuk dengan aset 100 Triliun, akan tetapi di dunia semen, dunia konstruksi seperti di Adhi Karya, dunia perkebunan dan lain-lain.


Dalam pandangan peraih medali Perak PON XII cabang karate ini, tantangan inilah yang ada di depan mata Erick Thohir, sang Menteri BUMN. Untuk mencari direksi BUMN, diperlukan tiga hal: Integritas, kecerdasan, dan energi. Kalau tidak ada nomor satu, maka nomor dua dan nomor tiga akan membunuh diri kita.


"Saya yakin dan percaya kesuksesan dan keberhasilan membawa Indonesia di Kelas Dunia melalui penyelenggaraan Asian Games di Jakarta akan berulang kembali untuk kedua kalinya membawa BUMN ke kelas dunia," ucap Master Trainer ESQ dalam IGnya (23/10/2019).


Selamat berjuang dan berkarya Menteri BUMN Erick Thohir.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA