Jumat, H / 29 Maret 2024

Mengenal Guillance Barre Syndrome

Rabu 02 Aug 2023 11:17 WIB

Santi Rahmawati

Ilustrasi

Foto: Titin L Wiyono

ESQNews.id, JAKARTA - Salah satu masalah kesehatan yang jarang sekali diketahui oleh banyak orang saat ini adalah penyakit GBS (Guillance Barre Syndrome). Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang mulai banyak dialami oleh penduduk Indonesia, namun berbanding terbalik dengan minimnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat terhadap penyakit ini. 

Bahkan dari hasil survey kunjungan ke beberapa rumah sakit, perawat dan pegawai rumah sakit masih belum mengetahui apa itu GBS. Apalagi masyarakat umum, padahal penyakit ini sangat berbahaya dampaknya yakni kelumpuhan permanen, kerusakan saraf, hingga membuat penderitanya meninggal.

Guillian Barre itu penyakit yang menyerang saraf tepi, penyebabnya sampai sekarang dianggapnya sebagai penyakit auto-imun, artinya sel tubuh menyerang ketubuh sendiri,” ungkap Harman Dhani, dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Hermina Arcamanik.


<more>


Harman mengatakan bahwa gejala awal dari GBS adalah merasa kesemutan selama seminggu, penurunan fungsi bicara, pasiennya jadi susah melihat atau pandangannya jadi double. Selain itu, penyebab GBS adalah daya tahan tubuh menurun dan kuman jadi berkumpul, kemudian menyerang sel.

Diagnosis untuk mengetahui bahwa seseorang menderita penyakit GBS atau tidak harus melakukan test EMG (eletromyografi), test kecepatan hantar saraf, pengambilan cairan otak dari tulang belakang, dan


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA

 
 
 
 

ESQ TV