Kamis, H / 25 Februari 2021

Meditasi Jeda Napas, Cara Jauhkan Emosi Negatif

Jumat 22 Mar 2019 09:16 WIB

Author :Darmawan Aji

Meditasi Jeda Napas

Foto: shutterstock

ESQNews.id - Saat Anda merasakan emosi negatif, stress atau butuh berhenti sejenak karena kewalahan dengan banyak hal, lakukan meditasi ini. Meditasi ini juga baik digunakan untuk jeda antara satu aktivitas dengan aktivitas lainnya. Darmawan Aji dalam kelas Self Mastery nya membagikan cara untuk melakukan meditasi jeda napas dengan cara cukup duduk tegap dan tutup mata Anda. Lalu lakukan tiga langkah sebagai berikut:



Langkah 1: Awareness Inward - Sadari ke dalam. Sadari sensasi fisik yang Anda rasakan, emosi Anda, dan pikiran Anda.

Sensasi fisik: Apa yang Anda rasakan di tubuh Anda? Tandai di bagian mana yang tegang atau kurang nyaman. Tandai pula bagian mana yang lebih rileks.

Emosi: Tanyakan pada diri: "apa yang saya rasakan saat ini?" Beri nama pada emosi Anda, misalnya: marah, kesal, lelah dsb. Bila Anda tidak yakin dengan emosi yang Anda rasakan, tidak apa-apa. Rasakan saja apa yang Anda rasakan.

Pikiran: Sekarang alihkan perhatian Anda pada apa yang Anda pikirkan. Perhatikan apa yang Anda katakan pada diri Anda saat ini. Apa pikiran yang melintas dalam benak Anda?

Langkah 2: Breath - Bernapas. Sekarang alihkan perhatian Anda ke napas yang Anda lakukan. Fokuskan perhatian Anda ke napas masuk dan keluar selama kurang lebih satu menit. Rasakan bagaimana napas Anda masuk sampai turun ke perut Anda. Istirahatkan pikiran Anda sementara Anda memfokuskan perhatian pada napas Anda.



Langkah 3: Consciously Expanding - Perluas kesadaran. Perluas kembali kesadaran Anda, dari napas ke seluruh tubuh Anda. Rasakan apapun sensasi yang Anda rasakan.

Lakukan meditasi ini setidaknya sekali hari ini ya. Terutama saat akan berpindah dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA