Minggu, H / 05 April 2020

Mata Tetap Terlihat Lelah Walau Tidur Cukup? Ini Penyebabnya!

Selasa 28 May 2019 12:09 WIB

Author :Redaksi

mata lelah

Foto: istock

ESQNews.id - Mata tetap terlihat lelah padahal Anda sudah mempunyai jam tidur yang cukup dan berkualitas? Kira-kira apa penyebabnya?


Mata lelah erat kaitannya dengan pekerjaan seseorang. Biasanya karena pekerjaan sering lembur, tubuh jadi merasa sangat lelah, termasuk mata. Walaupun sudah mempunyai jam tidur yang cukup, ternyata ada alasan lain mengapa tetap saja mata terlihat lelah. Dilansir dari Dewiku, mari kita cari tahu alasan lainnya yang menyebabkan mata terlihat lelah :


1. Dehidrasi

Kurangnya cairan tubuh atau dehidrasi tidak hanya menyebabkan kulit kering dan rentan jerawat. Ternyata dehidrasi juga bisa menjadi menyebab mengapa seseorang bisa terlihat capek meskipun sudah cukup tidur. Sebab, dehidrasi bisa menganggu aliran darah dan menurunkan kinerja hati.


2. Alergi

Biasanya alergi disebabkan oleh pelepasan zat kimia seperti histamin yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga memengaruhi aliran darah di bawah mata. Histamin juga bisa membuat penumpukan cairan di bawah mata sehingga membentuk lingkaran gelap alias mata panda.

Disarankan untuk mengompres mata dengan air dingin atau es untuk mengurangi pembengkakan.


3. Otot mata tegang

Mata lelah bisa disebabkan karena terlalu lama memandang layar komputer atau handphone. Otot mata yang tegang bisa menyebabkan pembuluh mata di sekitar mata menjadi besar.


Solusinya adalah coba biasakan setiap 20 menit sekali melihat suatu arah selain layar komputer atau handphone, minimal selama 20 detik. Ini akan membantu meredakan pembengkakan di sekitar mata.


Sama seperti bagian tubuh yang lain, mata juga membutuhkan istirahat. Pastikan Anda selalu memberikan jeda di tengah aktivitas, agar mata bisa beristirahat.


4. Pencahayaan ruangan

Menurut dr. Kevin Adrian dari Alodokter, pencahayaan di ruangan juga berpengaruh terhadap mata lelah. Usahakan agar pencahayaan ruangan tidak terlalu terang, sehingga tidak menyilaukan mata, termasuk mengatur arah pencahayaan. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan layar komputer agar pencahayaannya tetap ideal.


4. Makanan asin

Kemudian alasan mengapa mata terlihat lelah meskipun sering tidur adalah konsumsi makanan asin berlebihan. Makan makanan yang mengandung garam bisa menyebabkan pembuluh darah di sekitar mata membengkak.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengurangi asupan garam ataupun gunakan masker kopi untuk meredakan pembengkakan.


Mulai saat ini tak perlu heran lagi bila mata terlihat lelah meski sudah cukup tidur. Beberapa solusi alternatif di atas bisa Anda coba.


DEWIKU | ALODOKTER


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA