Jumat, H / 29 Maret 2024

Manusia Useful dan Beauty

Rabu 29 Aug 2018 11:06 WIB

Singgih Wiryono

Training of Trainer ESQ di Menara 165

Foto: Singgih Wiryono

"Jangan sampai kita menjadi sesuatu yang tidak berguna, minimal jika dipandang kita itu indah," ujar dia.


ESQNews.id, JAKARTA - Sebuah Produk yang akan dijual haruslah memiliki dua unsur, manfaat dan nilai keindahan. Ujar salah seorang peserta Training of Trainer ESQ, Ika Puspitasari. Ketua Masyarakat Relawan Indonesia daerah Temanggung ini mengatakan, alur pengembangan produk berasal dari sebuah sepesifikasi.


"Spesifikasi apakah dia memenuhi syarat manfaat dan keindahan itu sendiri," ujar dia saat Training of Trainer di Menara 165, Rabu (29/8).


Ika kemudian melanjutkan trainingnya ke sebuah permainan, bagaimana agar sebuah kertas bisa menjadi produk yang memenuhi satu unsur dari kedua unsur bermanfaat (useful) atau keindahan (estetic).


Kemudian beberapa peserta membuat beberapa produk dengan memenuhi salah satu syarat yang diberikan Ika.


"Jadi begitulah yang harus kita pikirkan di awal untuk membuat sebuah produk. Sebuah produk harus memiliki tujuan untuk apa dia dibuat," jelas dia.


Kemudian Ika memberikan perenungan. Begitu juga manusia yang juga merupakan produk penciptaan Tuhan. Allah memberikan penciptaan manusia dari akal yang usefull, dan jiwa yang penuh keindahan juga raga yang sempurna.


Sudah pastilah penciptaan manusia memiliki tujuan yang pasti. Itulah kenapa, lanjut dia, seharusnya manusia memiliki tujuan dalam kehidupan ini.


"Jangan sampai kita menjadi sesuatu yang tidak berguna, minimal jika dipandang kita itu indah," ujar dia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA