Kamis, H / 27 Februari 2020

Lava Pijar Merapi Berguguran ke Kali Gendol

Rabu 13 Feb 2019 10:58 WIB

Source :Anadolu Agancy

Gunung Merapi

Foto: Istimewa

ESQNews.id, JAKARTA – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan lava pijar Gunung Merapi berguguran dan mengalir ke Kali Gendol, Yogyakarta, sejauh 200-500 meter.


Kepala PVMBG Kasbani mengatakan berdasarkan rekaman seismograf pada Selasa, tercatat ada 54 kali gempa guguran dan delapan kali gempa dengan frekuensi rendah.


“Asap kawah utama teramati berwarna putih tebal setinggi 20 meter dari puncak,” ujar Kasbani, dalam keterangannya, Rabu (13/2).


Sejak kemarin hingga pagi, kata Kasbani, secara visual gunung tampak jelas hingga tertutup kabut. Sedang angin bertiup lemah hingga sedang ke arah tenggara dan timur laut, imbuh Kasbani.


PVMBG merekomendasikan agar warga tak berada di dalam radius 3 kilometer dari puncak dan mengimbau masyarakat yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana III untuk meningkatkan kewaspadaan.


Saat ini, kata Kasbani gunung setinggi 2968 mdpl ini berada di level Waspada. Sedang Volcano Observatory Notice for Aviation (Vona) berstatus Green sejak 3 Juni 2018 lalu.


Indonesia memiliki 127 gunung api aktif. Salah satu gunung itu berstatus Awas, yaitu Gunung Sinabung di Sumatra Utara, sejak 2 Juni 2015.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA