Sabtu, H / 11 Juli 2020

Konfirmasi Virus Corona, Kemenkes Thailand Himbau Ini!

Selasa 21 Jan 2020 11:56 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA – Kementerian Kesehatan Thailand Senin lalu (20/1/2020) telah mengkonfirmasi masuknya virus corona ke wilayah Thailand. Virus ini berasal dari turis Warga Negara Tiongkok.


“Kami dari Kementerian Kesehatan Thailand ingin memastikan seluruh warga agar jangan panik menghadapi wabah ini (virus corona). Situasi masih terkendali dan pasien akan dirawat dengan sebaik mungkin. Meskipun telah ada kasus yang terkonfirmasi. Kami masih bisa merawat pasien sekaligus berupaya agar wabah ini tidak menyebar," ucap Anutin Charnvirakul selaku Menteri Kesehatan Thailand.


Virus corona terdeteksi saat wanita berusia sekitar 60 tahun ini melewati pemeriksaan di Bandara Suvarnabhumi, Bangkok pekan lalu. Wanita Tiongkok kini dirawat di ruang isolasi Rumah Sakit Pusat Bangkok.


<more>


8 orang dengan gejala yang serupa juga dirawat di Rumah Sakit yang sama.


Maria mengatakan virus corona mirip dengan SARS atau sindrom penyakit saluran pernapasan akut dan parah. Juga mirip MERS atau sindrom penyakit pernapasan Timur Tengah. Saat wabah di tahun 1990-an kedua virus ini sama-sama berbahaya karena telah menewaskan ratusan orang.


“Wabah virus corona ini bukan sesuatu yang (kemunculannya) tidak terduga. Ini sesuatu yang sudah dipersiapkan oleh masyarakat global. Dan semua sistem di WHO saat ini diaktifkan untuk menjalankan rencana selanjutnya. Kami juga memanfaatkan bahan-bahan/informasi yang sudah di kembangkan saat menghadapi SARS dan MERS. Tinggal disesuaikan saja dengan situasi saat ini," terang Dr. Maria D. Van Kerkhove, sebagai Kepala Unit Zoonosis WHO.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA