Jumat, H / 19 April 2024

Komunitas IYOIN Ajak Anak Indonesia Untuk Siap Mendunia

Senin 19 Nov 2018 16:00 WIB

Reporter :Santi Rahmawati

Kegiatan IYOIN di Tangerang (17/11/2018)

Foto: dok. IYOIN

ESQNews.id, TANGERANG – Beberapa waktu lalu baru saja Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda yang berlangsung pada 28 Oktober 2018. Indonesian Youth Opportunities in International Networking atau biasa disebut IYOIN merupakan sebuah NGO yang dibentuk oleh beberapa pemuda-pemudi Indonesia yang saling bersinergi untuk menjadi wadah dalam mewujudkan cita-cita negara Indonesia.


 

Salah satu cita-cita yang hendak diwujudkan yaitu dalam bidang pendidikan. Pada 2018 ini, IYOIN Local Chapter Tangerang sudah memasuki tahun ke-3 dalam menyelenggarakan kegiatan national charity project yang bernama Peduli Tangerang 2018. Berawal dari kepedulian pemuda pemudi yang tergabung dalam IYOIN terhadap pentingnya pendidikan, Peduli Tangerang yang merupakan perpanjangan tangan dari kegiatan Peduli Indonesia mengadakan kegiatannya di salah satu sekolah  Madrasah Ibtidaiyah Darul Mu’min yang terletak di Desa Daon, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang pada Sabtu (17/11/2018).



 

“Peduli Tangerang kali ini mengangkat tema tentang Aku Anak Indonesia Siap Mendunia, tujuannya yaitu agar siswa siswi MI Darul Mu’min semakin semangat belajar untuk menggapai cita-cita dan siap mengahadapi era globalisasi,” tutur Executive Director IYOIN LC Tangerang, Fadli Fahrian.


 

Fadli memaparkan bahwa rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk siswa siswi MI Darul Mu’min diantaranya yaitu kegiatan belajar mengajar sekaligus melakukan science experiment terhadap siswa siswi disana. Selain itu, Fadli bersama timnya juga melakukan renovasi terhadap infrastruktur sekolah yang kurang layak, seperti mengecat meja dan kursi serta membuatkan plafon atap sekolah.


 

“Keadaan sekolah yang sangat memprihatinkan membuat kami akhirnya memilih MI Darul Mu’min diantara banyak sekolah di wilayah Tangerang. Selain letaknya yang berada di wiayah plosok Tangerang, ternyata pemerintah juga kurang memperhatikan sekolah tersebut, seperti contohnya dana Biaya Anggaran Sekolah (BOS) tidak rutin terbayarkan oleh pemerintah, bahkan hanya 6 bulan sekali dan itupun tidak menentu jumlahnya berapa,” ungkapnya.


 

Selain itu, pihak IYOIN LC Tangerang telah melakukan survey terhadap beberapa wali murid di sekolah tersebut. Pekerjaan wali murid kebanyakan seorang buruh bahkan serabutan. Akan tetapi, siswa siswi disana memiliki semangat belajar yang tinggi dan orang tua murid juga sangat menerima kehadiran dan bantuan dari pihak IYOIN LC Tangerang yang juga bekerja sama dengan komunitas Diberi Untuk Memberi (DUM).

 

 

Rangkaian kegiatan sosial tersebut sekaligus dilakukan untuk memperingati Hari Anak Universal yang jatuh pada tanggal 20 November 2018. Tidak hanya di wilayah Tangerang, Peduli Indonesia sebagai awal iniasi juga mengadakan kegiatannya di 20 wilayah Kab/Kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Serang, Bekasi, Purworejo, Padang, Medan, Malang, Semarang, Makassar, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Blitar, Batam, Palembang, dan Tulungagung.


 

Selain itu, pihak IYOIN LC Tangerang juga menerima donasi dari berbagai pihak untuk renovasi sekolah yang dapat disalurkan melalui rekening BNI 0469059892 atas nama Dinar Fuza Laksana.

 


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA