Kamis, H / 28 Maret 2024

Kisah Abu Bakar Ash Shiddiq

Senin 25 Sep 2023 09:24 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

ilustrasi

Foto: jadzab


ESQNews.id - Abu Bakar Ash Shiddiq, ada yang tau kah? Siapa sih yang tidak kenal sama sahabat nabi satu ini?, beliau adalah salah satu sahabat yang pertama-tama masuk Islam atau istilah lainnya Assabiqunal Awwalun, dan sahabat Rasulullah yang sudah di jamin masuk syurga pada saat masa hidupnya. Kira-kira apa saja keistimewaannya, sehingga bisa sudah di jamin masuk surga? Yuk simak berikut..



1. Memiliki segudang ilmu yang banyak dan mendalam
Abu bakar itu kalau di tanyain nasab orang-orang Arab di sukunya beliau pasti mengetahuinya. Bahkan beliau selalu menjadi pusat informasi yang terpercaya kalau orang-orang Quraisy ingin mencari nasab dan informasi lainnya karna apa yang beliau pahami selalu benar dan di ungkapkan dengan jujur. Tak heran ketika Rasulullah menyampaikan dakwah Islam ini, abu bakar lah yang awal-awal mempercayai bahwa apa yang di bawa Rasullullah itu benar atas ilmu yang mendalam dari abu bakar tersebut. Atas itu juga beliau mendapatkan julukan sebagai As Shiddiq (Jujur).


2. Orang yang banyak berjuang di awal masuknya Islam dengan Rasullullah
Ketika Rasulullah memulai dakwahnya di Makkah, abu bakarlah yang termasuk pertama mempercayai ajarannya setalah istrinya Khadijah, kemudian saat Rasulullah hijrah abu bakarlah yang dipilih Rasulullah untuk menemani hijrahnya, dan abu bakar meninggalkan semua harta dan keluarganya di Makkah untuk menunjukkan kasih sayangnya pada Rasulullah. Kemudian saat pengejaran Rasulullah dan Abu Bakar oleh orang kafir Quraisy saat hijrah, abu bakarlah yang rela berkorban melindungi serta melayani Rasulullah saat berada dalam Gua Tsur, dalam gua tersebut abu bakar mempersilahkan Rasulullah tidur di atas pahanya, dan bahkan saat abu bakar di gigit ular, beliau menahan sakitnya agar tidak sampai menjerit kesakitan supaya Rasullullah tidak terbangun dalam tidurnya. Yang akhirnya Allah menurunkan ayat yang berbunyi :


“Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah beserta kita”. (QS. At-Taubah: 40). Sungguh luar biasa betapa ikhlas dan cintanya abu bakar dalam perjuangannya bersama Rasulullah untuk menegakkan Islam ini.


3. Abu bakar adalah sahabat yang paling Rasulullah cintai
Diantara para sahabat abu bakarlah yang paling Rasulullah cintai, setelah istrinya Aisyah. Dibunyikan dalam sebuah hadist.
Dari Amr bin Ash, Rasulullah pernah mengutusku dalam Perang Dzatu as-Salasil, saat itu aku menemui Rasulullah dan bertanya kepadanya, “Siapakah orang yang paling Anda cintai?” Rasulullah menjawab, “Aisyah.” Kemudian kutanyakan lagi, “Dari kalangan laki-laki?” Rasulullah menjawab, “Bapaknya (Abu Bakar).”


4. Khalifah pertama pengganti Rasulullah

Khalifah adalah pemimpin umat islam, seperti layaknya presiden, dahulu tidak ada negara islam A, B, C, tapi adanya hanya wilayah A, B, C yang dipimpin dengan gubernur dari kalangan sahabat-sahabat dan orang terpercaya, bahkan sampai khalifah terakhir negara terbesar di dunia adalah negara Islam dan ibukotanya adalah Islambul atau Turki kala itu. Pada masa Rasulullah telah meninggal, orang pertama yang meneruskan kedudukan sebagai pemimpin umat setelah Rasulullah adalah Abu Bakar yang juga sebagai seorang Khalifah. Beliau dipilih dengan musyawarah petinggi dan perwakilan beberapa bani yang ada.


5. Terkenal pemimpin kesabarannya dan bijaksana

Pada saat awal-awal setelah wafatnya Rasulullah adalah suasana yang sangat menggelisahkan banyak umat yg mulai murtad dan banyak yang mengaku-ngaku sebagai Nabi setalah Nabi Muhammad SAW, tapi dengan kesabaran dan ketegasan serta bijaknya beliau, akhirnya bisa melewati masa-masa mencengkam itu.

Dari kisah Abu Bakar Ash Shiddiq, semoga kita semua bisa mengambil hikmahnya..


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA