Kamis, H / 28 Maret 2024

Kesalahan Penderita GERD atau Maag (2)

Kamis 20 Feb 2020 09:36 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: torotosun.com

ESQNews.id, JAKARTA - Salah satu kesalahan terbesar para penderita maag adalah:


  1. Langsung minum obat maag. Seharusnya ambil sejumput garam, kemudian hisap perlahan. Dalam hitungan menit lambung akan terasa nyaman karena asam ternetralisir oleh sifat basa pada Garam.

  2. Mereka pikir Asam dalam Lambung akan hilang saat diberi makan atau minuman manis atau akan hilang dengan berlalunya waktu.


    <more>

  3. Banyak penderita berpikir bahwa sakit maag itu dsebabkan karena: Telat makan, minum kopi, makan asam, makan pedas, makan beras ketan, makan bersantan, dan lain-lain.

    BUKAN!!!

    Hal itu hanya penyebab sekunder. Penyebab utama sakit maag yang paling banyak adalah stress (Konsentrasi asam lambung meningkat beberapa kali lipat jauh lebih tinggi justru saat stress dibanding saat telat makan), kurang gerak (Gerak tubuh membuat gerak peristaltic pada usus dan lambung melemah sehingga asam lambung tidak terproses dengan baik dan menumpuk).


Misalnya habis makan langsung tidur-tiduran. Hal ini akan membuat usus tidak mencerna dengan baik. Akibatnya bisa memicu asam lambung keluar lebih banyak. Karena makanan tersebut kurang terlumat dengan baik pada proses-proses pencernaan sebelumnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA