Minggu, H / 09 Agustus 2020

Kesalahan Penderita GERD atau Maag (1)

Kamis 20 Feb 2020 09:29 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: ucsfhealth.org

ESQNews.id, JAKARTA – Banyak yang mengira bahwa penyebab wafatnya Ashraf Sinclair dikarenakan GERD yang menekan jantung hingga tidak berfungsi. Pernyataan ini menurut seorang dokter yang bernama dr. Imam Susilo.


Sebenarnya apa itu GERD? Kepanjangan dari Gastroesofagal Reflux Disease. Menurut sang dokter kita perlu waspada karena bisa menyebabkan meninggal dunia secara mendadak. Beberapa akibat jika asam lambung sedang naik:


  1. Jika naik ke daerah dada, maka kelak di seputar dada akan terasa panas seperti terbakar.

  2. Jika naik mengenai area jantung maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga bisa berdebar-debar, dan mendadak berhenti.

  3. Jika naik ke area paru-paru maka akan mengganggu fungsi paru-paru. Sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.


    <more>


  4. Jika naik kebagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga) maka Tenggorokan akan sering terjadi radang maka akan sakit untuk menelan. Ketika hidung sering terkena Asam Lambung akan mengalami Sinusitis (gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh). Bagaimana dengan telinga? Pendengaran menjadi berkurang.

  5. Mata bisa terganggu, dan penglihatan menjadi kabur.


Penderita maag kronis dan GERD banyak organ menjadi terganggu fungsinya karena naiknya Asam Lambung. Kesalahan-kesalahan penderita maag. Penderita sakit maag terbanyak adalah golongan darah O. Golongan Darah O umumnya tidak direkomendasikan untuk menjadi Vegetarian.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA