Kamis, H / 25 Februari 2021

Kata Al-Qur’an Tentang Usia

Jumat 24 Jan 2020 10:03 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: money.com

ESQNews.id, JAKARTA – Usia semakin hari akan termakan oleh sang waktu. Tutup usianya seseorang tak ada yang mengetahui kecuali sang Maha Pencipta. Yang kita tahu dan perlu lakukan adalah, pergunakan usia dengan nyawa yang berharga ini sebaik mungkin.


Selama Allah SWT memberikan kita nikmat yang indah, yaitu kehidupan. Ayat suci dalam Al-Qur’an pun membahas mengenai usia kita, sebagai pengingat bahwa dunia ini sementara, berikut paparannya:


  1. “Semakin bertambah usia, semakin lemah tangan menggenggam. Karena Allah sedang mendidik kita agar melepaskan cinta dunia.” (QS. Hud: 15-16)

  2. “Semakin bertambah usia, semakin kabur mata kita. Karena Allah sedang mencerahkan mata hati untuk melihat akhirat.” (QS. Al Isra: 72)

  3. “Semakin bertambah usia semakin sensitif perasaan kita. Karena Allah sedang mengajarkan bahwa pautan hati dengan makhluk senantiasa menghampakan. Namun hati yang berpaut kepada Allah, tiada pernah mengecewakan.” (QS. Lukman: 22)


    <more>


  4. “Semakin bertambah usia semakin gugur gigi-gigi kita. Karena Allah sedang mengingatkan bahwa suatu hari kita akan gugur ke dalam tanah selamanya.” (QS. Ali Imran: 145)

  5. “Semakin bertambah usia, semakin ditarik nikmat kekuatan tulang dan sendi kita. Karena Allah sedang mengingatkan bahwa tak lama lagi nyawa akan diambil.” (QS. An-Nisa: 78)

  6. “Semakin bertambah usia, semakin putih rambut kita. Karena Allah sedang ingatkan kain kafan yang putih.” (QS. Ali Imran: 185)

  7. “Begitu juga hati kita, semakin bertambah usia semakin sepi dan ingin bersendirian. Karena Allah sedang mendidik kita untuk melepaskan cinta manusia dan dunia.” (QS. Al-An’am: 32)


Bagaimana sampai saat ini? Di usia yang semakin hari semakin menyusut ini? Apakah masih mengejar dunia tanpa pikirkan akhirat?


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA