Selasa, H / 13 April 2021

Inilah Sumber Kekuatan TNI Angkatan Udara

Rabu 07 Apr 2021 12:14 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Logo TNI Angkatan Udara

Foto: Instagram

“Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk Membangun Indonesia Maju dan TNI Angkatan Udara Unggul.”


ESQNews.id, JAKARTA – 9 April dikenal sebagai Hari TNI Angkatan Udara (TNI AU). Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara merupakan salah satu cabang angkatan perang dan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bermula dari Badan Keamanan Rakyat (BKR) dibentuk pada 23 Agustus 1945, yang kemudian berubah menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), pada tanggal 5 Oktober 1945.


Pada 23 Januari 1946, TKR ditingkatkan lagi menjadi TRI, sebagai kelanjutan dari perkembangan tunas Angkatan Udara.


Maka pada tanggal 9 April 1946, TRI jawatan penerbangan dihapus, lalu diganti dengan nama Angkatan Udara Republik Indonesia dan diperingati sebagai hari kelahiran TNI AU yang sesuai dengan Penetapan Pemerintah Nomor 6 sampai dengan tahun 1946.


<more>


Kekuatan TNI AU saat ini memiliki dua Komando Operasi yaitu Komando Operasi Angkatan Udara I (Koops AU I) yang bermarkas di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Komando Operasi Angkatan Udara II (Koops AU II) yang bermarkas di Makassar.


Maka dari itulah setiap tanggal 9 April tak hanya diperingati sebagai Hari TNI AU namun juga diperingati sebagai Hari Penerbangan Nasional.


“Dirgahayu Swa Bhuana Paksa, Sayap Tanah Air Indonesia”




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA