Sabtu, H / 26 September 2020

Inilah Mental Health Food yang Perlu Kamu Coba!

Rabu 18 Dec 2019 10:42 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

food for mental health

Foto: nagarik network


ESQNews.id - Kekurangan dopamin telah dikaitkan dengan penyebab peningkatan depresi dan kecemasan. kabar baiknya adalah bahwa meningkatkan produksi dopamin dalam tubuh Anda dapat sesederhana memasukkan barang-barang tertentu ke dalam makanan Anda. mari kita lihat makanan top yang meningkatkan kadar dopamin secara alami.

Dopamin adalah neurotransmitter (bahan kimia) di otak yang memengaruhi gerakan, emotikon, kesenangan, dan rasa sakit Anda. itu sering disebut "molekul motivator" karena bertanggung jawab untuk mengirimkan sinyal ke otak Anda untuk memberi tahu tubuh Anda apa yang harus dilakukan.

Hubungan antara dopamin dan kecemasan? Melansir dari Anxiety Gone, kekurangan dopamin telah dikaitkan dengan menyebabkan banyak penyakit mental, termasuk kecemasan, ADHD, parkinson dan depresi. Ini adalah hasil dari otak yang tidak mengirimkan sinyal yang cukup untuk memberi Anda sensasi kesenangan, kebahagiaan, pencapaian, dll. Namun, penelitian terbaru telah mengungkapkan bahwa kekurangan dopamin juga dapat memicu perasaan takut dan gelisah, sehingga membuatnya menjadi perhatian bagi para pejuang kecemasan, khususnya.
<more>

Berikut ini adalah makanan yang meningkatkan kadar dopamin secara alami:

1. Makanan kaya lemak sehat
Alpukat, tuna segar, minyak zaitun, kenari.

2. Protein tanpa lemak
Ayam, ikan, daging sapi tanpa lemak.

3. Makanan kaya omega 3
Salmon, kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati yang sehat seperti minyak biji rami atau minyak canola.

4. Cokelat raw
Cokelat raw tanpa campuran, seperti dark cokelat hitam.

5. Blueberry dan stroberi
Berry ini kaya akan antioksidan yang melindungi bagian utama otak yang mengontrol produksi dopamin.

6. Kacang-kacangan sehat
Kacang almond mentah, biji pumkin, kenari, chia dan biji rami.

7. Makanan yang kaya akan senyawa sulfur
Sawi, kubis, kembang kol, kangkung, bawang putih, daun bawang, bawang bombai.

8. Makanan folat
Sayuran hijau, brokoli, kembang kol, buncis, kacang hitam, pepaya.

9. Apel
Apel mempunyai kandungan antioksidan yang telah terbukti merangsang produksi dopamin.

10. Pisang
Pisang tinggi dalam asam amino yang disebut tirosin yang telah dikaitkan dengan mendorong produksi dopamin.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA