Selasa, H / 16 April 2024

Hotel di Bogor Ini Berkomitmen Menghindari Food Waste

Selasa 21 May 2019 15:15 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Novotel Bogor Fighting Food Waste

Foto: Novotel Bogor

ESQNews.id, BOGOR - Isu tentang Food Waste akhir-akhir ini mulai diangkat dan dikampanyekan di Indonesia. Terlebih para milenial yang mulai concern terhadap isu lingkungan yang menjadi permasalahan hampir di seluruh dunia ini.


Namun ada yang masih bingung nih tentang apa arti food waste  sendiri. Food waste adalah membuang-buang produk pangan yang sudah tidak diinginkan oleh konsumen.


Sedangkan menurut FAO, food waste mengacu kepada makanan yang dibuang dimana produk makanan atau produk makanan alternatif tersebut masih aman dan bergizi untuk dikonsumsi. Jadi food waste sendiri merupakan makanan yang siap dikonsumsi oleh manusia namun dibuang tanpa alasan atau makanan tersebut telah mendekati masa kadaluarsanya.


Selain itu, 300 juta galon minyak bumi dan penebangan hutan seluas 9,7 juta hektar untuk budidaya tanaman pangan, akan menjadi terbuang sia-sia karena makanan yang diproduksi menjadi sampah.


Hal ini merupakan sesuatu hal yang apabila dapat dikurangi dan diatasi maka dapat mencapai Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya untuk SDG 2 (Tanpa Kelaparan) dan SDG 12 (Konsumsi dan Produksi Bertanggung Jawab).


Sebuah hotel di kawasan Bogor, Hotel Novotel Bogor Golf Resort berkomitmen pada #FIGHTINGfoodwaste. Demi memerangi Food Waste, hotel yang tergabung di grup Accor ini berkomitmen dan mengikuti kompetisi hotel accor di seluruh dunia untuk mendapatkan predikat Green Stars.


 


Salah satu cara Novotel Bogor dalam mengurangi limbah untuk Ibu Pertiwi kita yang indah yaitu dengan telah menganalisis tren konsumsi tamu rapat di hotel, oleh karena itu memilah jumlah makanan yang paling populer dan makanan yang kurang populer di coffee break dan melakukan penyesuaian kuantitas yang diperlukan untuk menghindari atau meminimalkan pemborosan. Contoh: Peserta rapat adalah 300 orang, berdasarkan tren konsumsi tamu pertemuan di Novotel Bogor pada bulan sebelumnya, silakan temukan di file terlampir, 4 item yang disorot yang akan diukur pada formula excel, kemudian akhirnya muncul pada jumlah makanan yang disesuaikan.


Dengan menghindari Food Waste, bukan hanya kita dapat menghindari mubazir dalam menggunakan produk makanan namun juga menyelamatkan lingkungan.

Jangan buang-buang makanan ya! Salam lestari!




Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA