Kamis, H / 28 Maret 2024

Hidup Cuma 1,5 Jam

Sabtu 12 Aug 2023 14:01 WIB

M. Husnaini

ilustrasi.

Foto: google image


Oleh : M. Husnaini

ESQNews.id - Ketika sedang berduka, saya suka bilang bahwa ini tidak akan lama. Paling sebentar lagi juga reda. Pun tatkala bahagia, saya sering menikmatinya secara biasa saja. Sebab, setelah kebahagiaan, kerap kemudian muncul kedukaan. Begitulah rumus dunia.



Tidak ada orang terus-terusan berduka, sebagaimana juga mustahil ada orang yang selalu bahagia. Duka dan bahagia itu warna hidup manusia, siapa, bagaimana, di mana pun dia. Tinggal pintar-pintar kita mengemas rasa.



Al-Quran tegas menyatakan bahwa hidup di dunia hanya permainan, dan akhirat itulah kehidupan yang kekal dan sesungguhnya. Dan, bila kita menggunakan pola pikir sebagaimana saya sebutkan di atas, berapa lama sih kita hidup di dunia?



"Kamu tidak tinggal di bumi ini melainkan sebentar saja, kalau kamu sungguh mengetahui," kata surah Al-Mukminun/23: 114.

Allah bahkan menghitungkan dengan begitu gamblang dalam surah Al-Hajj/22: 47, yang artinya, "Sungguh sehari di sisi Tuhanmu adalah seperti seribu tahun menurut perhitunganmu."



Nah, jika umur manusia antara 60-70 tahun, berapa lama hidupnya di dunia, menurut perhitungan akhirat? Mari sama-sama kita hitung berdasarkan surah Al-Hajj/22: 47 yang sudah dikutip di atas.



1 hari (24 jam) akhirat = 1000 tahun dunia.
3 jam akhirat = 125 tahun dunia.
1,5 jam akhirat = 62,5 tahun dunia.



Dengan demikian, dilihat dari hitungan akhirat, hidup kita di dunia cuma 1,5 jam saja. Tetapi, ngerinya, waktu yang sangat pendek tadi rupanya menentukan nasib kita di "alam sana" yang baka dan tidak diketahui ujungnya.



Ya Allah, jadikanlah kami manusia-manusia yang ikhlas menerima semua takdirmu di dunia, sebagaimana Engkau titahkan dalam surah Ath-Thur/52: 48: "Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sungguh kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri."


*Penulis adalah Kandidat Doktor di International Islamic University Malaysia (IIUM)

Ingin tulisanmu dimuat di ESQNews.id? kirimkan ke email kami di [email protected]

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA