Jumat, H / 29 Maret 2024

Hari Santri, 9 Alasan Pesantren Sebagai Laboratorium Perdamaian

Selasa 22 Oct 2019 17:10 WIB

Author :Redaksi

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kamaruddin Amin.

Foto: kemenag


ESQNews.id, JAKARTA - Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri untuk Perdamaian Dunia”. Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin mengatakan bahwa tema ini sangat relevan karena pesantren merupakan laboratorium perdamaian.


Pesantren adalah Laboratorium Perdamaian. Ada sembilan alasan tentang ini. Apa saja alasan pesantren disebut sebagai laboratorium perdamaian menurut Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin? Berikut penjabarannya:


Pertama, tumbuh suburnya kesadaran harmoni beragama dan berbangsa di kalangan pesantren. Ini dibuktikan dengan perjalanan perjuangan kemerdekaan bangsa hingga tercetusnya resolusi jihad dan perang melawan PKI, semua tidak lepas dari peran pesantren. 


“Hubbul wathan minal iman bagian dari nilai yang terus diajarkan di pesantren,” terang Kamaruddin Amin saat menjadi inspektur upacara Hari Santri 2019 di halaman kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (22/10/2019) dalam rilis kemenag.


Alasan kedua, lanjut Kamaruddin, metode mengaji dan mengkaji di pesantren sangat khas. Selain transfer ilmu, pesantren juga mengajarkan keterbukaan kajian dari berbagai kitab, bahkan lintas madzhab. “Santri dididik belajar terima perbedaan dari sumber hukum otentik,” tuturnya.

<more>

Ketiga, pesantren mengajarkan khidmah dan pengabdian kepada masyarakat dan bangsa. Keempat, pesantren mengajarkan kemandirian, kerjasama dan sikap saling membantu. “Santri terbiasa mandiri, solider, dan suka gotong royong,” lanjutnya.


Alasan kelima pesantren menjadi laboratorium perdamaian, karena di lembaga ini, geralan seni dan sastra tumbuh subur. Hal itu berpengaruh pada prilaku seseorang dalam ekspresi keindahan, harmoni, dan kedamaian.


Keenam, di pesantren banyak kelompok diskusi, mulai dalam skala kecil  hingga besar, dari tema recehan hingga yang serius. “Sehingga, santri berkarakter terbuka,” ujarnya.


Alasan ketujuh, pesantren merawat khazanah kearifan lokal. Pesantren menjadi ruang kondusif untuk menjaga lokalitas. Kedelapan, maslahah (kemaslahatan) merupakan pegangan yang tidak bisa ditawar di kalangan pesantren. “Pesantren tidak suka meresahkan masyarakat, malah membina masyarakat,” tegasnya.


Alasan terakhir, pesantren menjadi ladang penanaman spiritual. Selain Fiqh, santri dilatih tazkiyatun nufus, pembersihan hati melalui amalan zikir dan puasa. “Santri jauh dari intoleransi, pemberontakan, apalagi terorisme,” tandasnya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA