Jumat, H / 29 Maret 2024

Hari Persandian Nasional

Kamis 04 Apr 2019 08:59 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Momen Memperingati Hari Persandian Nasional guna untuk Meningkatkan Keamanan Persandian Data dan Informasi di Indonesia

Foto: ESQ Media

ESQNews.id, JAKARTA – Banyak masyarakat yang tidak mengetahui bahwa setiap tanggal 4 April diperingati sebagai Hari Persandian Nasional. Tepatnya 4 April 1946 Pemerintah Indonesia mulai merilis Persandian sebagai bagian resmi Pemerintah Indonesia. Kemudian Kementerian Pertahanan RI menugaskan dr. Roebiono Kertopati untuk mengelola persandian pemerintah. Bukan hal mudah untuk mengelola sebuah institusi yang sudah lama berkembang ini.

 

Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg) yaitu sebuah institusi yang menangani persandian. Saat ini Lemsaneg membutuhkan pengamanan informasi yang lebih ketat. Karena seseorang tidak akan sadar jika data/informasi mereka rusak atau hilang. Mereka akan sadar setelah ada akibat (kena hack) yang terlihat dari data/informasi milik mereka.

 

Jadi di jaman teknologi yang semakin maju ini diharapkan media pengaman data dan informasi harus lebih canggih. Keamanan dan keutuhan dokumen atau informasi harus dijaga dengan ketat oleh tenaga ahli dan terpercaya.

 

Kinerja tenaga ahli atau profesional diukur dari beberapa parameter. Lemsaneg mengukur dari segi kualitas layanan persandian yang harus berorientasi pada kebutuhan dan kepuasan pengguna, kepercayaan terhadap para pengguna sandi.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA