Jumat, H / 29 Mei 2020

Hari Palang Merah Nasional

Selasa 17 Sep 2019 11:04 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

17 September 2019, Memperingati 'Hari Jadi' Palang Merah Indonesia (PMI)

Foto: Instagram

Ingat saling berbagi, seperti halnya berdonor darah secara rutin. Darah yang didonorkan akan menyelamatkan kehidupan sepanjang tahun.


ESQNews.id, JAKARTA – Ada yang spesial di hari ini, apakah itu? Ya, hari ini diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia (PMI) yang ke-74. Tepatnya pada 17 September 1945 terbentuk sebuah organisasi kemanusiaan skala nasional yang bernama Palang Merah Indonesia.


Saat ini PMI di Indonesia menyebar di berbagai wilayah. Diantaranya ada 33 PMI daerah (tingkat Provinsi) dan sekitar 408 PMI cabang di tingkat Kota maupun Kabupaten.


Organisasi yang memiliki slogan "Setetes darah Anda, nyawa bagi sesama" ini memiliki 7 prinsip dasar gerakan internasional palang merah. Yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.




<more>


Dalam rangka memperingati 'Hari Jadi' PMI, ratusan warga di Kota Tangerang melakukan aksi donor darah. "Kami diminta sekitar 200 kantong darah (pendonor). Alhamdulilah jumlah itu terpenuhi semua," papar dr. David Hasudungan Sidabutar, selaku Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Tangerang .


Semua orang berhak mendapatkan darah yang aman saat membutuhkan. Usahakan darah yang di donorkan sesuai dengan orang yang membutuhkan.


Sebagai apresiasi ikut andil dalam hari lahir PMI, melalui tagar #haripalangmerahindonesia beberapa mengucapkan selamat dan kiriman doa. "SELAMAT HARI PALANG MERAH INDONESIA perlu kita berikan kepada banyak pihak sebagai apresiasi kita terhadap perjuangan dan jasa semua anggota PMI (Palang Merah Indonesia) dan Moh.Hatta tanpa dia kita tidak akan seperti sekarang.kita harus kembali membentuk karakter generasi muda yang memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi, karena kita adalah SATU BANGSA dan SATU NEGARA. SALAM KEMANUSIAAN!!"


GKR Hemas sang politisi senior DPD RI mengucapkan Terimakasih telah berjuang selama 74 tahun untuk keselamatan anak bangsa karena setetes darah adalah nyawa bagi sesama. Selamat Hari Palang Merah Indonesia.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA