Kamis, H / 28 Maret 2024

Hari Guru Sedunia! Cara Guru Hadapi Masa Pandemi Covid-19

Senin 05 Oct 2020 15:12 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: vecteezy.com

ESQNews.id, JAKARTA – "Orang hebat bisa melahirkan beberapa mutu, tapi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat.” (KH. Romzi Al-Amiri Mannan)


Hari Guru Sedunia diperingati setiap tanggal 5 Oktober. Di tahun 2020 ini, Hari Guru Sedunia mengusung tema “Guru: Memimpin dalam krisis, menata kembali masa depan”.


<more>


Di masa krisis atau Pandemi Covid-19 ini, merupakan tantangan tersendiri bagi sistem pendidikan di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Transformasi dari pembelajaran offline (tatap muka) menjadi pembelajaran online, yang mempunyai tantangan tersendiri bagi beberapa pihak.


Guru ikut turun tangan membantu tantangan dan segala kendala yang dialami oleh anak didiknya. Karena guru memiliki kontribusi penting dalam pembelajaran jarak jauh dan memastikan bahwa kesenjangan pembelajaran (masalah) telah diatasi atau ada solusinya.




Ki Hajar Dewantara selaku pelopor Pendidikan bagi kaum pribumi Indonesia dari zaman penjajahan Belanda berkata "Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani (Di depan, seorang Pendidik harus memberi teladan yang baik, di tengah atau di antara Murid guru harus menciptakan prakarsa dan ide. Dari belakang Seorang Guru harus Memberikan dorongan dan arahan)."


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA