Minggu, H / 12 Juli 2020

Hari Dongeng Sedunia (Internasional)

Jumat 20 Mar 2020 11:30 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: kind.png

ESQNews.id, JAKARTA – Tanggal 20 Maret diperingati sebagai "Hari Dongeng Sedunia" atau "World Storytelling Day". Berawal dari hari Nasional Mendongeng di Swedia, sekitar tahun 1991-1992 atau yang dikenal dengan "Alla Beratteres Dag" (All Storytellers Day) atau berarti Hari Pendongeng.


Kemudian para pedongeng di Perth, Australia mengadakan peringatan serupa "Celebration of Story" pada 20 Maret 1997 yang juga dikenal sebagai hari "International Day of Oral Narrators".


Mengapa perlu dirayakan? Untuk apa?


Albert Einstein mengatakan, “Jika Anda menginginkan anak yang cerdas, bacakan dia sebuah dongeng, kalau Anda menginginkan dia lebih cerdas lagi, bacakan lebih banyak dongeng.”


<more>


Awalnya ditunjukan kepada para pendongeng. Tujuan utama perayaan ini adalah agar para pendongeng bisa saling mengeratkan hubungan satu sama lain.


Namun, seiring berjalannya waktu, Hari Dongeng Sedunia ini juga bertujuan untuk mengenalkan dongeng sebagai sebuah seni pada khalayak. Apalagi di Era VUCA ini yang semakin modern, mungkin generasi penerus awam dengan yang namanya dongeng.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA