Kamis, H / 25 Februari 2021

Hari Buruh Sedunia (Internasional)

Rabu 01 May 2019 11:33 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi Buruh

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – May day adalah sebutan untuk merayakan Hari Buruh Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Mei. Tanggal 1 Mei setiap tahunnya menjadi hari libur di beberapa negara. Memperingati Hari Buruh Sedunia ini berawal dari usaha gerakan serikat buruh yang merayakan keberhasilan sosial dan ekonomi para buruh. Dan Amerika Serikat merupakan negara yang menyaksikan sendiri bagaimana awal mula perserikatan para pekerja hingga tragedi Chicago tersebut.

 

Tepatnya pada tanggal 4 Mei 1886 di Lapangan Haymarket-Chicago, sekumpulan buruh melakukan demonstrasi sampai turun ke jalan. Sehingga aksi buruh tersebut menimbulkan revolusi dan banyak perubahan di negara maupun dunia.

 

Sekarang, di beberapa negara ada macam-macam poin tuntutan para buruh yang lebih detail seperti hak untuk cuti melahirkan, cuti haid, serta pengupahan yang sesuai tingkat kelayakan. Karena hal ini juga merupakan suatu cara untuk men-sejahterakan manusia meskipun mereka berstatus sebagai buruh.

 

Begitu pula dengan negara Indonesia yang memberikan kesempatan para buruh menyampaikan aspirasinya demi kehidupan yang sejahtera. Setiap tanggal 1 Mei akhirnya dijadikan hari libur nasional untuk menghormati jika ada buruh yang melakukan unjuk rasa atau penyampaian aspirasinya.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA