Jumat, H / 29 Maret 2024

Hari Bumi, Kurangi Emisi Di Rumah

Kamis 22 Apr 2021 11:38 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: zoomtventertaimnet.com

ESQNews.id, JAKARTA - 22 April diperingati sebagai Hari Bumi Sedunia, guna lebih menghargai dan menghormati bumi sebagai satu-satunya tempat tinggal layak bagi manusia di alam semesta. Selain itu guna mengingatkan bahwa bumi telah menyediakan segala hal bagi kebutuhan hidup manusia.

 

Ada 5 aksi kecil dalam menjaga bumi yakni membuang sampah pada tempatnya, mendaur ulang sampah, menghidupkan penghijauan, kurangi penggunaan berbahan plastik, menghemat air atau energi.



<more>

 

Selain hemat energi dan hemat air, kita juga bisa mengurangi emisi pribadi kita dengan cara-cara berikut ini:

 

Selama di rumah aja, kita bisa mulai menanam pohon yang bisa menyerap karbon dioksida. Setiap pohon memiliki daya serap karbon yang berbeda, akan lebih baik jika kita memilih pohon yang daya serap karbonnya tinggi, seperti pohon mangga.

 

Kita juga bisa mulai biasakan diri mengurangi konsumsi daging merah dan memperbanyak makan sayur dan buah. Selain baik untuk kesehatan, makanan berbasis tumbuh-tumbuhan juga rendah emisi.

 

Mengurangi sampah dengan mengolahnya kembali juga bisa jadi pilihan untuk mengurangi emisi pribadi. Kita bisa olah sampah organik menjadi pupuk kompos dan bisa belajar mendaur ulang sampah anorganik.

 

Selain itu, dengan di rumah aja dan tidak berpergian, kita juga sudah mengurangi emisi yang biasa kita hasilkan saat naik kendaraan bermotor.


Di tengah pandemi ini, aksi kita sangat dibutuhkan untuk membantu bumi pulih dari krisis kesehatan dan keluar dari krisis iklim secara bersamaan. Mari kita membangun dengan lebih baik untuk bumi yang lebih aman dan lebih tangguh.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA