Rabu, H / 03 Juni 2020

Hari Bidan Nasional (National Midwife Day)

Senin 24 Jun 2019 09:04 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Selain memperingati “Hari Bidan Internasional” pada tanggal 5 Mei, hari ini (6/24) Indonesia memperingati “Hari Bidan Nasional”. Ditetapkannya Hari Bidan Internasional maupun Nasional bertujuan untuk memberitahu masyarakat akan tugas mulia sebagai bidan itu luar biasa menakjubkan yang harus selalu siaga 24 jam.


Bidan melindungi hak kesehatan reproduksi melalui pemberdayaan perempuan dan optimalisasi pelayanan kebidanan (midwives defenders of women's rights). Menurut mmc.kalteng.go.id Hari Bidan Nasional diawali dari sebuah Konferensi Bidan Pertama di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1951 atas prakarsa para bidan senior yang berdomisili di Jakarta.


Dalam konferensi tersebut telah dirumuskan tujuan IBI yaitu menggalang persatuan dan persaudaraan antar sesama bidan, membina pengetahuan dan keterampilan anggota profesi kebidanan, membantu pemerintah dalam pembangunan nasional, serta meningkatkan martabat dan kedudukan bidan dalam masyarakat.


Selain tugas atau peran menjadi bidan dalam membantu ibu hamil khususnya saat pemeriksaan rutin kehamilan (konsultasi), proses persalinan (melahirkan generasi penerus bangsa Indonesia) serta pasca persalinan (kontrol kesehatan ibu dan anak) dan membantu menurunkan angka kematian ibu (AKI).


Tugas lain sebagai seorang bidan seperti mendata (survey) dalam sebuah desa tentang penyakit yang dialami masyarakat, pelayanan lansia, memberikan penyuluhan hidup sehat, juga salah satu pengabdian kepada bangsa yang berjasa sebagai Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).


Adapun perwakilan suara hati dari para bidan Indonesia daerah Jawa Barat. "Di Hari Bidan Nasional ini kami berpesan kepada IBI Indonesia untuk tingkatkan selalu persatuan dan kesatuan IBI demi mencapai kesejahteraan ibu agar tercipta generasi-genersai bangsa yang berkualitas. Dan kami bangga menjadi bidan sebagai tangan pertama yang menyambut kehadiran sosok penerus bangsa dan umat," papar para bidan UPTD Puskesmas DTP Jatiwangi, Majalengka.


Untukmu para pejuang perempuan, jasamu akan selalu di kenang oleh seluruh perempuan dimanapun. Tetap semangat dalam pengabdianmu. Tetap semangat dan tersenyum untuk seluruh perempuan dimanapun. Terimakasih atas semua rasa yang kau berikan untuk setiap perempuan yang kau temui.


Terimakasih dan Selamat Hari Bidan Nasional


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA