Sabtu, H / 11 Juli 2020

Hari Belanja Online Nasional

Kamis 12 Dec 2019 14:18 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: classicalfm.ca

ESQNews.id, JAKARTA – 12 Desember diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional atau yang biasa kita kenal Harbolnas. Dan menariknya banyak sekali promo-promo, yang memuat 'dompet' menguap.


Dari mulai promo makanan, baju, alat elektronik, kosmetik, perlengkapan rumah tangga dan lainnya. Tak sedikit yang mengundang banyak doorprize juga bagi yang belanjanya borongan.


Tapi mohon tahan jarimu untuk klak klik klak klik barang yang tidak kamu butuhkan! Terkadang berbelanja online itu tak terasa, membuat kalap mata. Saat memilih barang, menunggu pengiriman, sampai akhirnya mendapatkannya di hadapanmu.


<more>


Kesenangan semacam ini biasanya semu dan tidak lama, apalagi kalau ternyata tidak terlalu penting dan hanya menumpuk di rumahmu bersama barang-barang lain. Apalagi barang tersebut tak sesuai ekspektasi. Kecewa yang ada!


Jika barang yang kamu beli itu menumpuk di rumahmu, akibat belanja online. Parahnya jika kebanyakan barang yang tak ramah lingkungan. Proses produksi, pengemasan, dan pengiriman barang yang berkaitan dengan momen ini menghasilkan emisi karbondioksida sebesar 258.000 ton.


Diperlukan sekitar 2,6 miliar pohon untuk menyerapnya. Belum lagi sampah plastik yang dihasilkan dari kemasannya yang berlapis-lapis. Maka lebih banyak emisi karbondioksida dan limbah plastik.


Maka belanjalah secara wajar, sesuai kebutuhan agar tak mubajir. Diutamakan yaitu kebutuhan primer, apalagi yang sudah berumah tangga.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA