Jumat, H / 29 Maret 2024

Harapan Baru Generasi Emas 2045, Ada Pesan Seorang Guru untuk Menterinya

Rabu 08 Jul 2020 15:25 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Salah seorang guru SMPN 44 Bandung, Jawa Barat

Foto: ESQ

ESQNews.id, JAKARTA - Ary Ginanjar Agustian menulis buku ESQ (Emotional Spiritual Quotient) di tahun 2000. Buku asupan ilmu berisi tentang pentingnya kecerdasan emosional dan spiritualitas. Kemudian, direalisasikan oleh banyak tempat dan orang. Satu di antaranya, di SMP 44 Bandung.


Adanya kombinasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati, dan olah raga. Setara dengan sebuah program yang ada di ESQ yaitu, IQ (intelektual), EQ (emosional), dan SQ (spiritual).


“Ini bisa menjadi sebuah harapan untuk Indonesia yang mungkin banyak berputus asa menghadapi generasi milenial bahkan Gen Z,” jelas Ary Ginanjar Agustian.


<more>


Kepala sekolah beserta guru SMPN 44 Bandung menginjakkan kaki di Menara 165. Bertemu dan cerita pada Founder ESQ, akan perubahan yang dahsyat di sekolah tersebut.


“Saya melihat bahwa inilah puncak dan tujuan pendidikan karakter yang bernuansa religi tercapai di SMPN 44, karena ada 4 pesan di Sistem Pendidikan Nasional. Yang memfasilitasi anak dengan mengolah hati, raga, rasa, dan pikir. Selama ini kita tertuju pada olah pikir dan olah raga. Lepas dari olah hati padahal itu yang utama. Dan ini ada di pelajaran program ESQ,” papar Nunung, Kepala Sekolah SMPN 44 Bandung.




Tak hanya itu, salah seorang guru ikut menyuarakan hatinya. Persembahan kepada Menteri Pendidikan khususnya.


“Mas menteri saya seorang guru, dan saya berhadapan langsung dengan siswa. Yang notabennya, mereka punya pengalaman broken home, punya geng, mereka punya segalanya. Tapi mereka tidak punya kecintaan kepada Allah dan rasul. Dan melalui ESQ-lah mereka akhirnya mengenal mengapa mereka diciptakan, siapa mereka dan mau kemana mereka,” ucapnya dengan menggebu-gebu.




Ary Ginanjar Agustian berharap, semoga ini menjadi harapan baru untuk membangun genarasi Indonesia emas 2045. “Majukan gurunya, maka akan maju muridnya. Setuju?” kata Ary.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA