Rabu, H / 08 Juli 2020

Hal-hal yang Membuat Makruh di Bulan Ramadhan

Senin 01 Apr 2019 15:31 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Banyak diantara kita yang menyepelekan arti kata "makruh" saat berpuasa, padahal jika makruh puasanya bisa menghilangkan pahala puasa.

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Menjalankan ibadah puasa harus semaksimal mungkin, karena bulan Ramadhan hanya ada setahun sekali. Kaum Muslimin pasti ingin puasamya lancar, sempurna dan tentu di terima amalannya di sisi Allah SWT. Salah satu agar puasa diterima oleh Allah SWT, maka harus menghindari hal-hal yang membuat makruh atau tidak dilakukan saat berpuasa.

 

Apa saja yang bisa membuat makruh pada puasa?

  1. Membayangkan hal-hal negatif
    Tentu saja pada saat berpuasa kita harus diiringi dengan hal-hal yang positif bukan hal yang negatif. Membayangkannya saja sudah termasuk makruh apalagi melakukannya, seperti membayangkan makanan dan minuman yang menggiurkan.
  1. Melakukan bekam
    Bekam adalah suatu pengobatan dengan cara mengeluarkan darah penyakit atau darah kotor yang ada di tubuh. Mengapa bisa membuat makruh saat berpuasa? Karena berbekam bisa membuat tubuh kita lemas.
  1. Mencicipi makanan tanpa menelannya
    Biasanya ibu-ibu kalau masak untuk berbuka puasa selalu dicicipi terlebih dahulu lalu berkumur dengan air mineral. Tentu harus dihindari karena sama saja menyengaja makan atau minum masuk ke dalam mulut. Jika ada makanan yang tersangkut di mulut dan masih terasa di lidah bisa menimbulkan makruh.
  1. Memakai minyak wangi atau parfum
    Parfum atau minyak wangi bisa membuat tubuh terasa segar dan harum. Tapi sebaiknya tidak digunakan pada saat berpuasa karena mencium parfum atau minyak wangi dapat membangkitkan tubuh seperti halnya makan.
  1. Menyemburkan air yang diminum saat berbuka puasa. Karena itu dapat menghilangkan keberkahan puasa.

 

Masih banyak hal yang membuat puasa umat muslim menjadi makruh atau bahkan batal. Hindari hal-hal yang bersifat makruh karena bisa menghilangkan pahala puasa, mengurangi kekhusyukan dan kesempurnaan kita pada saat berpuasa.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA