Jumat, H / 29 Maret 2024

Gaya Hidup Sehat, Lakukanlah Hal Kecil Ini!

Jumat 10 Jan 2020 10:16 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: galtonthegrand.ca

ESQNews.id, JAKARTA - Menyelamatkan lingkungan tidak cukup dengan hanya menanam kembali pepohonan dan menghijaukan hutan saja, tetapi juga dengan mengurangi penggunaan plastik, membuang sampah pada tempatnya, mengolah limbah dengan baik, serta mengurangi dan mengontrol konsumsi kita.


Tahukah kalian? Penggunaan sedotan plastik sekali pakai di Indonesia terbilang cukup tinggi. Menurut data yang dikumpulkan oleh tim Divers Clean Action, pemakaian sedotan sekali pakai mencapai 93.244.847 setiap harinya.


Data ini berasal dari gaya hidup masyarakat Indonesia yang sering makan di luar rumah, produksi minuman dengan sedotan plastik dan jumlah restoran, juga warung di kota besar.


Penggunaan sedotan plastik menjadi habit lama yang tentu sangat sulit untuk diubah. Penanaman kesadaran dan kepedulian, menjadi kunci selain harus adanya inovasi dan terobosan yang dilakukan oleh pelaku usaha untuk menggantikan penggunaan sedotan plastik.


“3 M, Membeli, Membawa, Memakai sedotan non-plastic merupakan cara mudah kita untuk turut berpartisipasi dalam pengurangan pengunaan sedotan plastik. Kalau saya pribadi saya selalu membawa sedotan stainless serta memakainya guna mengurangi serta meminimalisir micro plastic yang mungkin ada di sedotan plastik masuk ke tubuh saya,” Papar Hendro Agung, salah satu warga Madiun yang ingin memiliki gaya hidup sehat.


Adapun rakyat Indonesia lainnya yang ikut berpartisipasi:


<more>


Lalu apa caramu untuk lingkungannya agar angka penggunaan sedotan plastik di Indonesia semakin berkurang?


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA