Kamis, H / 25 Februari 2021

Fitur Live Caption di Android Q Semakin Ramah Disabilitas

Kamis 09 May 2019 10:09 WIB

Reporter :Titin Nuryani L. Wiyono

Ajang tahunan Google I/O di Shoreline Amphitheater, California, Amerika Serikat

Foto: android central

ESQNews.id - Dalam ajang tahunan Google I/O yang digelar di Shoreline Amphitheater, California, Amerika Serikat pada 7-9 Mei 2019, Google resmi memperkenalkan sistem operasi Android Q.

Meski belum versi final, Google telah memastikan serangkaian fitur yang akan hadir pada Android Q ini.


Menurut Stephanie Cuthberston, perwakilan Google yang memperkenalkan Android Q di atas panggung I/O, Android Q akan mendukung sejumlah fitur baru yang akan diadopsi oleh smartphone keluaran 2019, seperti dilansir dari Android Central.


Salah satu fitur baru yang dimiliki Android Q adalah Live Caption. Fitur ini mampu mendeteksi suara dalam video, kemudian mengubahnya menjadi format teks yang ditampilkan di layar secara langsung.



Live Caption sejatinya mirip seperti subtitle dalam film, namun caption tersebut dibuat secara live berdasarkan apa yang diucapkan orang yang ada di dalam video. Fitur ini menjadi wajah teknologi yang kian ramah untuk teman disabilitas terutama Teman Tuli, sehingga suara dapat diterjemahkan dengan teks yang dapat dibaca. Tentu saja banyak yang tak sabar menanti hadirnya fitur Live Caption ini.

 



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA