Kamis, H / 25 Februari 2021

Etiket Jamuan Bisnis dalam Forum Buka Bersama (1)

Jumat 24 May 2019 10:03 WIB

Author :Ida S. Widayanti

Ilustrasi

Foto: Freepik

ESQNews.id, JAKARTA – Selain ‘ngabuburit’ yang identik dengan bulan puasa tepatnya, adapula yang namanya acara ‘buka bersama’. Kegiatan ini sudah menjadi rutinitas bagi umat muslim khususnya. Tidak hanya sekedar ketemu dan makan-makan saja mencari spot atau tempat yang instagramable di era tahun 2019 ini, namun tujuan utama dari buka bersama (bukber) ini yaitu mempererat silaturahmi.

 

Acara bukber atau jamuan makan salah satu golden moment, Anda bisa menyempatkan diri dari kesibukkan masing-masing walau hanya sehari bahkan beberapa jam. Karena dalam Islam mempererat persaudaraan atau silaturahmi bisa menambah rejeki dan memperpanjang umur kita.

 

Dengan silaturahmi pula, pasti banyak sekali yang bisa diperbincangkan apalagi jika Anda sudah lama tak berjumpa. Misalnya membuka topik mengenai urusan bisnis atau tentang jamuan yang sedang terlaksana. Karena sekarang, menghadiri jamuan makan atau bukber untuk urusan bisnis telah menjadi bagian dari kegiatan para praktisi bisnis.

 

Bagi orang awam, selama ini bukber dengan tujuan silaturahmi maupun  jamuan bisnis sering kali identik dengan hanya acara makan-makan plus minum-minum. Padahal ada satu hal yang tidak dapat dipisahkan dari acara jamuan khususnya yang ada kaitannya dengan urusan bisnis, yaitu etiket! Dan tak dapat disangkal etiket ini cukup mempengaruhi kelanjutan bisnis Anda.

So, bagi Anda pemula bisnis maupun Anda yang sudah kenyang dengan berbagai urusan bisnis, harus membekali diri dengan pengetahuan tentang etiket menghadiri jamuan bisnis termasuk dalam forum acara buka bersama. Jangan sampai karena jamuan bisnis dilaksanakan menjadi penghalang tujuan silaturahmi Anda dalam forum buka bersama Anda melupakan etiketnya sehingga menggangu kelancaran bisnis Anda. Ini dia etiketnya:

-  Konfirmasi kehadiran Anda  sehari sebelumnya. Pastikan waktu dan tempatnya. 

-  Usahakan datang 10 menit sebelumnya untuk mempelajari situasi dan suasana. Rapikan penampilan Anda jika perlu di toilet. Penampilan yang baik  menimbulkan kesan  baik pula.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA