Jumat, H / 10 Juli 2020

DPR-RI Dukung Penuh Perhelatan Asian Games 2018

Rabu 27 Jun 2018 09:07 WIB

Singgih Wiryono

Ketua DPR-RI, Bambang Soesatyo bersama ketua INASGOC, Erick Tohir di Parlemen Senayan, Jakarta.

Foto: Istimewa

Ketua DPR-RI, Bambang Soesatyo memberikan jaminan DPR RI senantiasa akan membantu kerja INASGOC. Baik dari segi penggunaan anggaran negara maupun dari segi koordinasi lembaga negara demi suksesnya penyelenggaraan Asian Games. 


ESQNews.id, JAKARTA -  DPR RI secara tidak langsung akan menjadi public relation (PR) mempromosikan Asian Games ke masyarakat, terutama di daerah pemilihan Anggota DPR-RI masing-masing. Hal tersebut diungkapkan Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo saat menggelar pertemuan bersama ketua INASGOC, Erick Tohir di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (26/6).


"Penyelenggaraan Asian Games ini atas nama Bangsa dan Negara Indonesia, bukan atas nama kelompok tertentu. Semua pihak harus membantu mempromosikannya agar masyarakat tergerak untuk memberikan dukungannya terhadap perhelatan Asean Games serta mendukung atlet kita yang bertanding. Jadikan keterlibatan kita bersama dalam kesuksesan Asian Games sebagai wujud bela negara dan cinta terhadap tanah air," ujar dia.


Bambang Soesatyo meyakini perhelatan Asian Games XVIII di Jakarta dan Palembang mampu mengangkat harkat, derajat, dan martabat Indonesia di mata dunia. Karena itu, dirinya meminta segenap elemen bangsa berpartisipasi untuk menjadi tuan rumah yang baik, memberikan kenyamanan kepada para atlet, official maupun para supporter dari berbagai negara yang datang ke Indonesia.


"Kita pernah menggapai kesuksesan saat menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1962. Insya Allah kesuksesan tersebut akan kembali terulang pada 2018 ini. Mari bersama kita dukung para atlet Indonesia untuk bisa meraih mendali emas sebanyak-banyaknya. Tak kalah penting, sebagai tuan rumah kita harus mampu memberikan jamuan dan keramahan kepada seluruh peserta dari manca negara," ujar Bamsoet.


Politisi Partai Golkar ini berharap Indonesia akan sukses dalam penyelenggaraan sebagai tuan rumah dan sukses dalam prestasi sebagai peserta Asean Games. Melalui Asean Games, Indonesia diharapkan juga sukses dalam pemberdayaan ekonomi sebagai sebuah industri serta sukses administrasi sebagai pengguna anggaran negara.


"Saya yakin dengan adanya Asian Games ini, roda ekonomi nasional akan bergerak cepat. Dari mulai perhotelan, transportasi, makanan/minuman, telekomunikasi, pariwisata, hiburan, perbankan, kesehatan, sarana dan prasarana olahraga, sampai ke pelaku UMKM yang turut terlibat dalam perhelatan Asian Games. Pergerakan roda ekonomi ini tentu pada akhirnya akan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," terang Bamsoet.


Dalam rangka memeriahkan rangkaian acara, Bamsoet direncakan akan menyambut pawai Obor Asian Games di patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), Bali pada 24 Juli 2018. Api obor Asian Games yang diambil dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India sebagai tuan rumah Asian Games pertama pada 1951 ini akan dibawa berkeliling Indonesia.


Selepas pengambilan api dari India pada 15 Juli 2018, api Asian Games akan tiba di Mrapen, Grobogan, Jawa Tengah pada 18 Juli 2018. Selanjutnya akan melintasi Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat, hingga Papua Barat. Berlanjut ke Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan menyeberang ke Pulau Sumatera yang dimulai dari Aceh.


"Saya yakin rangkaian perjalanan pawai Obor Asian Games 2018 keliling Nusantara akan mampu mendongkrak citra dan roda perekonomian di berbagai daerah yang dilalui maupun daerah sekitarnya. Pawai obor ini akan diliput media massa internasional, saya yakin pemerintah daerah serta para stakeholder terkait mampu menangkap peluang ini untuk mempromosikan destinasi pariwisata, seni budaya serta berbagai potensi daerah yang belum terekspos," terang Bamsoet.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA