Jumat, H / 29 Maret 2024

DPD RI Minta Temuan SKM Disosialisasikan Secara Masif

Senin 16 Jul 2018 11:47 WIB

Singgih Wiryono

Susu Kental Manis (SKM) Ilustrasi

Foto: Eatthis

Sosialisasi masif dan komperehensif diperlukan karena sudah berpuluh-puluh tahun terbentuk mindset di masyarakat bahwa SKM adalah susu yang sehat buat siapa saja dan minuman bergizi untuk seluruh keluarga sehingga semakin sering dikonsumi semakin baik.


ESQNews.id, JAKARTA - Merebak di kalangan masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa susu kental manis (SKM) adalah asupan yang setara dengan susu sangat berbahaya. Itulah sebabnya diperlu ada sosialisasi masif dan komprehensif dari Pemerintah termasuk meminta para produsen susu mengubah pesan dalam setiap tayangan iklannya dan memberi peringatan peruntukan SKM terutama batasan usia di kemasan produknya.


Ketua Komite III DPD RI yang membidangi persoalan kesehatan, Fahira Idris mengungkapkan selama ini ada dua persepsi yang timbul di masyarakat terkait peruntukan SKM. Persepsi pertama, yang paling banyak dipercaya masyarakat, SKM adalah susu. Semakin sering mengonsumsinya maka semakin sehat terlebih buat anak-anak. Iklan SKM di televisi menjadi faktor yang paling kuat membentuk paradigma berpikir seperti ini. 


Persepsi kedua, ada sebagian kelompok masyarakat yang sudah memahami bahwa SKM bukan susu dan tidak boleh dikonsumsi berlebihan, tetapi bingung karena tidak ada sosialisasi masif terkait hal ini dari Pemerintah.


“Sebenarnya polemik ini kan sudah bergulir cukup lama di masyarakat. Apapun itu kita apresiasi penegasan yang dikeluarkan BPOM beberapa waktu lalu," ujar Fahira dalam keterangan tertulis, Senin (16/7). 


Fahira mengatakan, penegasan soal SKM harus disertai dengan sosialisasi masif dan komprehensif ke seluruh penjuru Indonesia. Dia berharap baik BPOM maupun Kemenkes segera merumuskan sosialisasi soal SKM secepat mungkin, terutama ketegasan batas usia yang dilarang mengonsumsi SKM.


Menurut Fahira, sosialisasi masif dan komperehensif diperlukan karena sudah berpuluh-puluh tahun terbentuk mindset di masyarakat bahwa SKM adalah susu yang sehat buat siapa saja dan minuman bergizi untuk seluruh keluarga sehingga semakin sering dikonsumi semakin baik. Untuk itu perlu ada sosialisasi yang masif dan komprehensif terkait peruntukann SKM.


“Masif maksudnya menggunakan berbagai saluran komunikasi dan sosialisasi dengan volume yang intensif agar informasi soal SKM mudah diketahui masyarakat. Sedangkan komprehensif maksudnya pesan dan tujuan sosialisasi soal SKM ini tepat dan tidak multitafsir," ujar dia mengakhiri.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA