Jumat, H / 29 Maret 2024

Dokter Kunkun, Puasa Jadi Arena Balas Dendam? (1)

Senin 19 Apr 2021 10:23 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: dreamstime.com

ESQNews.id, JAKARTA – dr. H. Kunkun K. Wiramihardja, Dipl.Nutr.,MS.,SpGK  menulis sebuah E-book yang disusun oleh Tim Diskusi Ilmiah Dept. IKM FK Unpad berjudul “Makanan dan Minuman Saat Sahur dan Berbuka Puasa di Bulan Ramadhan.

 

“Sumber bahan makanan penyusun menu makanan yang harus dikonsumsi sehari-hari saya ambil dari beberapa ayat suci Al-Quran, sedangkan aturan makan saat sahur dan buka shaum saya ambil dari beberapa hadist,” tutur dr. Kunkun.

 

Kali ini ia membahas tentang makanan yang kita konsumsi saat buka shaum dan sahur. Ia berpendapat bahwa shaum adalah latihan dari Allah SWT agar kita manusia mampu menguasai hawa nafsu termasuk hawa nafsu makan.



<more>

 

“Dengan demikian ketika buka puasa, kita praktekkan penguasaan hawa nafsu makan tadi. Jangan sampai buka puasa dijadikan arena balas dendam sehubungan dengan hampir 14 jam mereka yang puasa tidak makan dan tidak minum.”

 

Ketika buka shaum, ikuti cara Rasul SAW berbuka.


Menurut hadits Annas bin Malik yang diriwayatkan At-Tirmidzi, Rasullullah SAW membatalkan shaumnya dengan Ruthob (kurma basah, kurma yang baru dipanen) kalau tidak ada Ruthob, shaum dibatalkan dengan Thamr (Kurma kering). Jika kedua-duanya tidak ada, Rasul SAW membatalkan shaumnya dengan air.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA