Minggu, H / 19 Januari 2020

Detik-Detik Gunung Taal Keluarkan Letusan Disertai Petir

Selasa 14 Jan 2020 11:49 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Penampakan Gunung Taal saat keluarkan letusan yang disertai petir

Foto: Instagram @karmagawa

ESQNews.id, JAKARTA - Gunung Api Taal baru saja meletus di Filipina, sehingga bandara Internasional di Manila ditutup. Bencana ini menyebabkan setengah juta orang di dekatnya mengungsi. Pihak Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs) telah menetapkan status bahaya level 4 sejak Minggu (12/1/2020), yang berarti erupsi gunung api Taal masih dapat berlangsung beberapa jam kemudian bahkan hingga berhari-hari.


Phivolcs juga merekam adanya gempa bumi yang dirasakan hingga mengeluarkan suara gemuruh di sekitar kaldera dan sejumlah desa di Agoncillo, Batangas.


Muntahan material vulkanik menutupi wilayah Barat Daya, menurut Phivolcs. Pemerintah setempat mengimbau warga agar selalu mengenakan masker mengingat abu vulkanik yang dikeluarkan akibat erupsi tersebut sangat pekat.


Di sela-sela bencana, warga membersihkan jalanan dari abu vulkanik setelah erupsi Gunung Taal di Tagaytay, Provinsi Cavite, Filipina. Gunung yang terakhir meletus pada tahun 1977 tersebut melontarkan abu vulkanik mencapai 50.000 kaki (15.000 meter) ke atmosfer.

<more>

Media sosial Karmagawa sedang berbicara dengan beberapa badan amal setempat untuk melihat bagaimana mereka dapat membantu penduduk setempat. Kirimkan doa untuk saudara kita semua di Filipina. Karena adanyagunung berapi diiringi dengan kilat itu sangat langka terjadi.


Untuk mendapatkan kilat selama letusan gunung berapi, sama halnya seperti yang di Hawaii. Memiliki lebih banyak lava daripada abu, jarang sekali disertai dengan sambaran kilat vulkanik.





Dan sejumlah warga berkumpul menyaksikan Gunung Taal erupsi mengeluarkan abu vulkanik di Batangas. Inilah cuplikan video detik-detik Gunung Taal keluarkan letusan disertai petir. 



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA