Kamis, H / 28 Maret 2024

Demam Nostalgia di Dunia Game

Selasa 27 Nov 2018 09:41 WIB

Author :Singgih Wiryono

Playstation (Ilustrasi)

Foto: Playstation

ESQNews.id, JAKARTA - Pernah kah saat melihat sebuah album foto masa lalu, kemudian menginginkan sensasi yang sama terulang kembali. Nostalgia semacam ini ternyata tidak hanya terjadi ketika melihat sebuah foto atau gambar. Gerak nostalgia ini disadari oleh beberapa produsen konsol game terkemuka seperti Nintendo dan Sony.


Berikut adalah beberapa konsol game jadul dan game klasik populer tahun 90-an yang kembali di tahun 2018.


Playstation Classic



Sony akhirnya ikut tergiur setelah mendengar saingannya Nintendo berencana kembali mengeluarkan konsol game tahun 90-an. Perusahaan induk Playstation itu mengeluarkan konsol Playstation generasi pertama, atau PS1. Hanya saja, kali ini konsol tersebut menjadi lebih ringkas dan kecil.


Konsol yang lahir tahun 1994 di Jepang tersebut dalam versi barunya memiliki body mungil hanya sebesar telapak tangan orang dewasa. Bahkan, konsol ini bisa digenggam dengan satu tangan.


Seperti tampilannya, konsol ini tentu akan menampilkan game-game lawas PS1 dengan grafis yang rendah. Jadi jangan bandingkan dengan konsol game terbaru dengan teknologi grafis yang gila, karena memang Playstation Classic diperuntukan untuk penikmat game lawas dan bernostalgia.


Nintendo Game Boy



Memilih langkah berbeda, Nintendo mengembangkan konsol game yang lebih fleksibel dan bisa dibawa ke mana saja. Nintendo berinovasi agar sebuah Case Smartphone bisa digunakan untuk bermain seperti memegang konsol Game Boy. Konsol yang lahir di tahun 1989 ini akan memanjakan penggunanya kembali dalam bentuk case belakang smartphone.


Lebih praktis kan, jika sudah bosan melihat smartphone, Anda bisa membalik ponsel dan berubah menjadi Game Boy klasik yang dulu pernah Anda mainkan.


Contra Return



Tidak hanya produsen konsol game yang merasa harus menarik kembali pelanggan lamanya. Salah satu perusahaan produsen game, Konami juga merasakan hal yang sama. Kembali munculnya Bil Raizer dan Lance Bean (karakter dalam game kontra) adalah bukti keseriusan Konami menyuguhkan nostalgia gamers 90-an.


Game yang diberi judul Contra Return tersebut kini menggunakan grafis tinggi dan dengan alur cerita yang ditambah sehingga menjadi lebih menarik. Untuk lebih menambah keseruan permainan bersama teman, game ini hadir dengan beberapa mode gameplay baru seperti solo story, multiplayer pvp serta duo.


Game ini bisa dimainkan di smartphone berbasis Android dan IOS.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA