Selasa, H / 13 April 2021

Dampak Corona Terhadap Pariwisata, Pemerintah Akan Beri Diskon untuk Wisatawan

Selasa 18 Feb 2020 14:59 WIB

Reporter :AA

ilustrasi

Foto: bijb

Jokowi ingin diskon tersebut diberikan selama tiga bulan ke sejumlah lokasi wisata yang akan diputuskan nantinya.

ESQNews.id, JAKARTA - Pemerintah berencana memberikan diskon insentif sebesar 30 persen untuk wisatawan mancanegara, menyusul sepinya sektor pariwisata karena Covid-19.


Namun, Jokowi --sapaan Presiden Joko Widodo-- belum secara rinci menjelaskan diskon dalam bentuk apa yang nantinya diberikan kepada wisatawan saat rapat terbatas di kantornya pada Senin (17/2/2020). 


"Kita hitung bersama-sama sore hari ini untuk memberikan diskon insentif bagi wisatawan mancanegara yaitu 30 persen dari tarif riil tapi nanti kita putuskan," kata Jokowi di Kantor Presiden, Jakarta. Jokowi ingin diskon tersebut diberikan selama tiga bulan ke sejumlah lokasi wisata yang akan diputuskan nantinya. 

<more>

Tidak hanya untuk wisatawan asing, Jokowi juga ingin agar wisatawan lokal diberikan diskon. Biro perjalanan pun kata dia bisa diberikan diskon untuk mendongkrak sektor pariwisata di dalam negeri. 


"Untuk travel bironya diberi diskon yang lebih misalnya 50 persen," tambah Jokowi. Sebelumnya, Indonesia memperkirakan adanya penurunan devisa sebesar USD2,8 miliar karena pelarangan wisatawan China ke Indonesia terkait virus korona.


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan perkiraan penurunan devisa itu didapat dari data wisatawan asal China pada tahun lalu. Berdasarkan laporan pada 2019 lalu wisatawan China yang berlibur ke Indonesia sebanyak 2,07 juta orang dengan pengeluaran rata-rata sebesar USD1.400.


"Itu dampak langsung wisatawan dari China," kata Wishnutama, di Kantor Staf Presiden, Jakarta. Penurunan devisa akan meluas jika virus korona menyebabkan dampak psikologis terhadap wisatawan asing selain China. "Jadi kalau kita bicara rata-rata per tahun, kita kemungkinan rugi sekitar USD4 miliar, termasuk selain dari China," kata Wishnutama.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA