Jumat, H / 23 Agustus 2019

Cara Puasa Sebelum Nabi Muhammad SAW (3)

Jumat 12 Apr 2019 16:56 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Cara Puasa Umat-umat yang lain seperti Yahudi, Nasrani, Mesir Kuno dan lainnya

Foto: Youtube

ESQNews.id, JAKARTA – Selain puasa umat muslim, ada juga puasa dari umat atau agama lainnya seperti umat Yahudi salah satunya. Umat Yahudi melaksanakan puasa satu hari satu malam pada hari ke 10 bulan ketujuh. Sementara umat atau masyarakat Mesir Kuno, Yunani, Hindu dan Budha mereka melaksanakan puasa menurut tokoh agama mereka masing-masing.

 

Berbeda dari umat yang lain, bahwa umat Nasrani melaksanakan puasa di hari-hari dan larangan tertentu. Contohnya mereka puasa makan daging, susu, telur, ikan, bahkan puasa berbicara. Seperti yang pernah dilakukan Maryam yang merupakan ibu dari Nabi Isa AS dalam firman Allah SWT dalam QS. Maryam: 26 “…Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pemurah, maka aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.”

 

Itu adalah contoh cara puasa dari umat-umat selain Islam. Dan terakhir adalah puasa pada jaman Nabi Muhammad SAW yaitu sebelum puasa Ramadhan diwajibkan pada tahun ke-2 Hijriyah untuk puasa Asyura. Puasa Asyura dilaksanakan pada tanggal 9 dan 10 Muharram. Namun ketika perintah puasa Ramadhan tiba, puasa Asyura menjadi puasa sunnah.





Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA