Minggu, H / 15 Desember 2019

Burcin; Cerita Perempuan Penemu Galaxy dan Hijabnya

Senin 03 Dec 2018 11:06 WIB

Reporter :Redaksi

Burcin Mutlu Pakdil

Foto: INC

ESQNews.id, JAKARTA - Satu dari sekian perempuan berhijab yang berprestasi. Ialah Burcin Mutlu Pakdil, ilmu pengetahuan mengabadikan namanya dalam sebuah temuan galaxy langka dia temukan.


Nama galaxy dalam katalog adalah PGC1000714, namun lebih dikenal dengan Galaxy Burcin. Burcin menemukan galaxy yang memiliki piringan ring luar dan ring dalam tersebut bersama tim risetnya di tahun 2017.


Sebagai ilmuwan fisika berhijab, dia menjadi salah satu kebanggaan dari umat Islam karena membuktikan hijab tak menghalangi dirinya dalam berprestasi. Terlebih prestasi di bidang yang sangat minim digeluti kaum hawa.


Dilansir dari inc.com, Burcin adalah gadis keturunan Turki yang berhasil menuntaskan jenjang Doktoralnya di University if Arizona, Amerika Serikat. Sebagai seorang perempuan, dia pernah diremehkan dan mendapat perlakuan pandangan rendah dari rekan-rekan lelakinya.



Burcin juga lahir di keluarga biasa saja. Hampir bisa dikatakan, keluarganya tak mementingkan pendidikan. Kata dia, bahkan kakek neneknya hanya tahu hidup dengan berkebun dan bertani. Tidak lebih.


Menyukai Fisika ketika Melihat Langit


Dunia astrofisika adalah dunia yang sulit untuk dibayangkan. Penuh dengan ilmu fisika, dan juga angkasa ruang yang begitu penuh menyimpan misteri.


Misteri yang begitu indah dan memikat itulah yang menjadi pemantik Burcin mencintai ilmu fisika. Ketika di kegelapan malam, dirinya melihat bintang gemintang dan mulai bertanya seperti apa sebenarnya ruang angkasa.


Rasa penasarannya mengantarkan dia kepada penemuan Burcin's Galaxy yang selama ini masih menjadi misteri dari ilmu pengetahuan.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA