Kamis, H / 28 Maret 2024

Biaya Haji 2019 Diumumkan Akhir Tahun

Jumat 31 Aug 2018 09:18 WIB

-

Umroh dan Haji ESQ Tours Travel

Foto: ESQ Tours

Pengumuman biaya haji yang lebih cepat akan meningkatkan pelayanan pada tahun depan


JAKARTA - Pemerintah akan mengumumkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2019 pada Desember mendatang. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pengumuman biaya haji yang lebih cepat akan meningkatkan pelayanan haji tahun depan.


 “Januari 2019 kita bisa melakukan persiapan yang lebih intensif terkait hotel, katering dan sebagainya. Jadi saya ingin maju satu atau dua bulan lebih cepat dari pengalaman sebelumnya,” ujar Menteri Lukman dalam keterangan tertulis, Jumat (31/8).


Untuk itu, Kementerian Agama meminta Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) tahun ini segera menyelesaikan laporan penyelenggaraan, terutama keuangan.


“Semakin cepat kita bisa menyelesaikan laporan keuangan, maka semakin cepat pula kita bisa membahas BPIH 2019 dengan DPR. Karena kita tidak bisa membahas BPIH 2019 sebelum DPR menerima laporan pelaksanaan Haji 2018," ujar Menteri Lukman.


Menteri Lukman mengingatkan pengalaman BPIH tahun ini yang baru ditetapkan Maret 2018 setelah laporan keuangan selesai pada Januari 2018.


“Sekarang saya ingin lebih cepat satu-dua bulan,” tegas Menteri Lukman.


Menteri Lukman menyampaikan kloter terakhir jemaah haji tahun ini selesai 27 September dan berharap evaluasi total bisa dilakukan di akhir September.


"Setelah evaluasi nasional, yang kedua adalah rapat perencanaan secara keseluruhan. Minggu ketiga bulan Oktober, seluruh laporan keuangan saya harap sudah selesai sehingga pekan ketiga Desember BPIH 2019 bisa diumumkan," ujar Menteri Lukman.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA