Jumat, H / 29 Maret 2024

BI Dorong Tingkatkan Cashless Society Lewat QR Code

Jumat 05 Apr 2019 10:00 WIB

Reporter :AA

Pembayaran dengan QR Code

Foto: alamy

Tingkat inklusi Indonesia masih sebesar 49 persen dan ditargetkan dapat menjadi 75 persen pada akhir tahun ini.


ESQNews.id, JAKARTA – Bank Indonesia terus mendorong peningkatan pembayaran noncash di masyarakat (noncash society) melalui pengembangan kanal pembayaran QR Code. Kanal pembayaran tersebut masih dalam tahap pengembangan yang ditargetkan bisa diterapkan pada semester kedua tahun ini.


Asisten Gubernur BI Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Filianingsih Hendarta mengatakan tingkat inklusi Indonesia masih sebesar 49 persen dan ditargetkan dapat menjadi 75 persen pada akhir tahun ini. “Masih terdapat ruang meningkatkan transaksi nontunai dengan inovasi melalui digital, salah satunya lewat sistem QR Code,” jelas dia dalam diskusi media di Jakarta, Kamis (4/4/2019).


Menurut Filianingsih, perkembangan digitalisasi dan teknologi turut mengubah lingkungan sistem pembayaran di Indonesia. Masyarakat tidak perlu lagi membawa uang tunai dalam jumlah banyak, cukup dengan uang elektronik yang tersimpan di gawainya.


Selain itu, dia menilai kondisi geografis Indonesia juga menyulitkan untuk pendistribusian uang kartal secara tunai. “Tetapi, ekosistem keuangan nontunai kita masih belum efisien,” ungkap dia.


Filianingsih menjelaskan implementasi pembayaran menggunakan QR Code akan semakin mempermudah masyarakat. Saat ini, BI masih dalam tahap penyempurnaan QR Code Indonesia System (QRIS) melalui pelaksanaan pilot project tahap dua.


Dia menjelaskan dalam uji coba tahap dua ini akan menguji permasalahan apa saja yang mungkin timbul dari pembayaran menggunakan QR Code baik di nasabah ataupun merchant. Selain itu, juga akan dicari tahu solusi saat terjadi sengketa pembayaran melalui dispute management and resolution.


Dia menambahkan uji coba juga dilakukan dengan membuat sistem merchant repository untuk membuat ID merchant nasional. “Dalam uji coba ini juga dilakukan mengenai pembayaran cross border menggunakan QR Code dengan Thailand dan Singapura,” ungkap Filianingsih.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA