Jumat, H / 29 Maret 2024

Benda Wajib Ada di Mobil Saat Darurat

Selasa 01 Aug 2023 08:13 WIB

Gita Siti Fauzia

Benda Wajib Ada di Mobil Saat Darurat

Foto: istimewa

ESQNews.id, JAKARTA - Anda suka bepergian dengan mobil? Jika ya, anda tidak akan pernah tahu kapan mobil anda akan mengalami situasi darurat, seperti mobil anda tiba-tiba mogok, tabrakan atau yang lainnya.

Apakah anda sudah mempersiapkan diri untuk kondisi darurat seperti diatas? Jika belum, anda akan merasa kesulitan dan terpaksa harus menunggu bantuan datang baik itu jangka waktu sebentar atau lama.

Daripada menunggu bantuan yang tidak tentu datangnya, ada baiknya Anda justru mempersiapkan diri dengan membawa benda-benda yang cukup esensial. Berikut ini adalah benda penting yang wajib Anda bawa di saat darurat:

Telepon Genggam dan Charger untuk Mobil

Barang tersebut seharusnya wajib dibawa, tapi terkadang sering lupa dibawa. Jika terjadi kecelakaan, alat ini tentu sangat berguna untuk menelepon ambulan, polisi dan derek. Jadi pastikan telepon seluler Anda selalu dibawa dan terisi baterainya.

Suar, Segitiga Pengaman, Lampu Darurat Berbaterai

Barang tersebut sangat berguna dan harus ada di dalam mobil, apalagi jika Anda berada di kegelapan. Jika Anda memilikinya, taruhlah alat itu di belakang mobil agar bisa memperingatkan kendaraan di belakang sehingga beraksi cepat untuk menghindar.

AIR

Air akan berguna disaat keadaan darurat. Terlihat praktis namun terkadang anda melupakan benda yang satu ini. Selain untuk minum, air juga bisa digunakan untuk mengisi radiator mobil anda bahkan untuk memadamkan api.

SENTER

Mungkin beberapa dari anda jarang membawa senter di dalam mobil atau biasanya jika anda darurat membutuhkan senter, anda akan menggunakan layar ponsel untuk dijadikan senter.

Kali ini cobalah selalu menyimpan senter di laci mobil anda, selain untuk menyinari saat anda melihat bagian mesin apabila mobil mogok, senter juga dapat membantu anda untuk memberikan sinyal kepada pengendara lain saat anda butuh bantuan darurat.

 

<more>

 

JERIGEN BENSIN

Benda yang satu ini akan sangat berguna saat mobil anda mogok karena kehabisan bahan bakar. Daripada anda harus mendorong mobil anda sampai SPBU terdekat, benda ini dapat anda pakai untuk membeli bensin di SPBU. Pastikan mobil terkunci dan berada di tempat yang aman sebelum anda memutuskan untuk membeli bensin menggunakan jerigen.

Oli, Kabel Jumper dan Busi Cadangan

Simpan barang-barang tersebut di dalam bagasi mobil Anda agar mobil bisa jalan lagi. Biasakan diri Anda membaca buku panduan kendaraan dan simpanlah buku itu di dalam kompartemen kabin mobil. Buku ini sangat penting, karena berisi informasi untuk menghidupkan mobil Anda kembali jika mogok di jalan. Kabel jumper juga dapat berguna untuk menyalakan mobil dengan meminta bantuan dari aki mobil lain.

Siapkan Ban Serep, dan Dongkrak

Jika Anda mengalami ban kempis di tengah jalan, alat ini akan membantu Anda untuk segera mengganti ban dalam waktu singkat. Setelah terpasang kembali, Anda bisa melanjutkan perjalanan. Ingat juga, simpan kembali ban kempis di dalam bagasi.

Minuman, Makanan Tahan Lama, Baju Hangat atau Selimut dan Kotak P3K

Anda mungkin saja terjebak dalam waktu yang lama akibat kerusakan mobil Anda. Mungkin juga Anda akan jalani proses itu sendirian dalam kondisi dingin atau panas yang luar biasa. Jika mengalami kondisi itu, pastikan Anda menyimpan makanan dan minuman yang tahan lama. Selimut akan jadi perlengkapan yang penting untuk menjaga fungsi tubuh tetap stabil. Air juga bisa berguna jika mobil Anda mengalami overheat (kepanasan). Tidak hanya saat keadaan darurat saja, kotak P3K ini dapat berguna saat anda mengalami goresan luka kecil saat memeriksa keadaan mesin mobil anda.

Perkakas Dasar untuk Mobil

Alat ini juga sangat penting jika terjadi masalah kecil terkait kendaraan, sehingga Anda bisa mengatasi masalah itu sendiri. Perkakas dasar harus terdiri dari obeng, kunci Inggris, tang, palu, pisau serbaguna dan lakban. Dengan adanya alat-alat itu, Anda bisa menghemat pengeluaran ketimbang harus ke bengkel.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA