Selasa, H / 19 Maret 2024

Bahayanya Sifat Malas (1)

Kamis 13 Feb 2020 13:41 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Ilustrasi

Foto: tim.com

ESQNews.id, JAKARTA - Sungguh Tak sedikit di antara kita yang mempunyai sifat malas. Anggota tubuh lengkap, malas beribadah. Sudah berkecukupan, malas umroh/haji, mengeluarkan sodaqoh dan zakat. Sudah mempunyai mulut, malas berkata jujur dan benar, malah caci maki dan lainnya.


Sudah jadi mahasiswa, malas belajar, mewujudkan cita-cita. Banyak yang bisa dijadikan bisnis/dijual, malas bekerja. Sudah ada kitab suci Al Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman hidup, malas membaca, memahaminya, kapan mengamalkannya?


Banyak yang bisa ditolong, malas untuk menolong. Itulah yang terjadi di hamba Allah Ta'ala. Ingatlah jangan sampai karna malasmu Allah tutup pintu rahmat-Nya, dan jangan sampai masuk ke dalam neraka pun gara-gara malasmu beribadah kepada Allah nauzubillah min dalik.


<more>


Dari Abu Umamah, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,


“Sifat malu dan al ‘iyyu adalah dua cabang dari cabang-cabang keimanan. Sedangkan Al Badza dan Al Bayan adalah dua cabang dari cabang-cabang kemunafikan.” Abu Isa berkata, Ini adalah Hadis Hasan Gharib. Ia berkata, Al ‘Iyy adalah sedikit bicara dan Al Badza adalah kata-kata yang keji, sedangkan Al Bayan adalah banyak bicara seperi para khotib-khotib yang memperpanjang dan menambah-nambahkan isi pembicaraan guna memperoleh pujian publik dalam hal-hal yang tidak diridhoi Allah Ta'ala.” (HR. Tirmidzi)


Dari Abu Hurairah bahwa Rasululloh shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Allah Ta'ala meridhoi kalian karena tiga perkara dan membenci dari kalian tiga perkara. Meridhoi kalian jika kalian beribadah kepada-Nya dan tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu pun, kalian berpegang teguh terhadap tali agama Allah Ta'ala secara bersama-sama dan saling menasehati terhadap orang yang Allah Ta'ala beri perwalian urusan kalian. Membenci kalian jika banyak bicara, menyia-nyiakan harta dan banyak bertanya.” (HR. Malik)


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA