Selasa, H / 13 April 2021

Bagaimana Menguasai Tenaga Kerja Multigenerasi: Baby Boomer, Gen X, Milenial dan Gen Z

Rabu 29 Jan 2020 09:20 WIB

Author :Titin Nuryani L. Wiyono

ilustrasi

Foto: dok.ESQ


menguasai tenaga kerja multigenerasi

ESQNews.id - Lingkup generasi kini terbagi menjadi 4, yaitu Baby Boomer, Gen X, Milenial (Gen Y) dan Gen Z. Dalam dunia kerja, generasi ini memiliki karakteristik yang berbeda. Bagaimana memotivasi, mengembangkan, dan mempertahankan talenta terbaik dari setiap generasi? Kali ini dikutip dari BridgeWork kita akan membahas tentang bagaimana menjembatani generasi, bagaimana organisasi dapat menumbuhkan kepercayaan dan produktivitas dalam angkatan kerja multi-generasi.


1. Baby boomer

Lahir tahun: 1946-1964
Sifat kerja terbaik: Optimis, menikmati bimbingan, etos kerja yang kuat.
Apa yang mereka inginkan dari pekerjaan: majikan yang loyal, budaya hierarkis, kesempatan untuk membimbing orang lain, menghargai.
Cara memotivasi mereka: meningkatkan optimisme mereka, memanfaatkan saran dan pengalaman mereka.

2. Gen X
Lahir tahun: 1965-1979
Sifat kerja terbaik: komunikator independen, inovatif, kuat.
Apa yang mereka inginkan dari pekerjaan: peluang yang dapat dipercaya, memecahkan masalah, kolega yang kompeten, otonomi.
Cara memotivasi mereka: memimpin dengan memberi contoh dan mempraktekkan apa yang Anda khotbahkan, berikan proyek-proyek tingkat tinggi yang sering untuk dikembangkan dan dijalankan, hindari micro-managing.
<more>
3. Milenial
Lahir tahun: 1980-1995
Sifat kerja terbaik: cerdas teknologi, kolaboratif, fokus pada kebaikan yang lebih besar.
Apa yang mereka inginkan dari pekerjaan: majikan yang empati, pekerjaan yang bermakna, pelatihan keterampilan baru, fleksibilitas.
Cara memotivasi mereka: mengenal minat dan tujuan mereka, memberi tahu mereka bagaimana pekerjaan mereka menambah nilai bagi bisnis, melibatkan mereka dalam keputusan dan meminta pendapat mereka.

4. Gen Z
Lahir setelah tahun 1996
Sifat-sifat pekerjaan terbaik: fasih secara digital, praktis, berkembang dalam berbagai angkatan kerja.
Apa yang mereka inginkan dari pekerjaan: majikan yang kompeten secara budaya, upah kompetitif, bimbingan, stabilitas.
Cara memotivasi mereka: menawarkan stabilitas keuangan dengan upah yang besar, memberikan pelatihan di tempat kerja untuk meningkatkan keterampilan mereka, memberi mereka peluang momentum ke atas.

Berikut adalah seluruh karakteristik dari setiap generasi yang berbeda. Penelitian yang terbaru adalah tentang Gen Z, karena generasi z masih mengembangkan dan memasuki dunia kerja, masih banyak yang belum disimpulkan saat penelitian lebih lanjut dilakukan. Saran gen yang diberikan adalah pedoman longgar berdasarkan tren awal, dan masih dalam fase spekulasi.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA