Kamis, H / 04 Juni 2020

Apa Itu Eksim Susu? (Bagian 1)

Kamis 09 May 2019 14:56 WIB

Reporter :Endah Diva Qaniaputri

Anak penderita eksim susu nampak kemerahan di pipinya

Foto: Atopiclair

ESQNews.id, JAKARTA – Sebenarnya, apa sih eksim itu? Eksim (dermatitis) ialah kelainan kulit dengan keluhan utama rasa gatal. Ada eksim basah (kata eksim berasal dari Bahasa Yunani “ekzein” yang berarti “mendidih”, dan ada eksim kering.

 

Pada eksim basah, terlihat kulit yang kemerahan dengan lenting-lenting kecil, kulit bersisik atau berkeropeng. Biasanya, eksim basah terjadi pada fase akut. Sedangkan eksim yang menahun/kronis, ditandai oleh kulit yang menebal dengan warna lebih kehitaman.

 

Sebenarnya, terdapat berbagai jenis eksim. Ada yang bisa diketahui jelas pencetusnya. Misalnya alergi terhadap logam/nikel atau iritasi terhadap deterjen. Tetapi, ada pula yang tidak jelas diketahui penyebabnya. Pada sebagian penderita, diduga eksim dicetuskan atau diperberat oleh faktor stress.

 

Apa beda alergi dengan iritasi?

Iritasi ialah kelainan kulit yang timbul akibat berkontak dengan bahan-bahan yang bersifat iritan, misalnya deterjen, antiseptic (termasuk yang ada di sabun mandi), bahan pemutih, air liur, air seni, tinja, dan sebagainya. Kadang-kadang juga dijumpai iritasi karena pemakaian berlebihan minyak kayu putih atau minyak telon dan obat gosok lainnya. Iritasi lebih mudah terjadi pada bayi karena kulit bayi relatif lebih tipis, apalagi pada bayi dengan bakat atopik.

 

Sedangkan alergi ialah respons kulit akibat berkontak dengan bahan-bahan yang dapat memicu sensitasi/alergi (disebut alergen). Umumnya alergi lebih sering dijumpai pada saat dewasa dibanding bayi. Hal ini karena kemampuan reaksi alergi pada usia kurang dari satu tahun dianggap sangat rendah. Kemampuan akan bertambah sesuai peningkatan usia.

 

Kalau eksim susu, apa maksudnya?

Eksim susu ialah istilah awam untuk eksim pada bayi dengan bakat atopik, sehingga istilah kedokterannya ialah dermatitis atopik. Kelainan ini kerap terjadi, kambuh-kambuhan, sangat gatal, ditandai oleh kulit yang kemerahan, bisa kering tetapi kadang-kadang membasah, sifatnya kronis/menahun.

 

Lokasi kelainan berbeda-beda sesuai usia terjadinya. Pada fase bayi kelainan terutama pada wajah, yang dikira akibat terkena ASI, sehingga dikenal sebagai eksim susu. Pada anak,terutama pada daerah lipatan kulit, khususnya lipat siku dan lutut. Sedangkan pada tipe dewasa, lebih sering dijumpai pada tangan, ujung-ujung jari, kelopak mata dan puting payudara.


Pernah diterbitkan di ESQ Magazine No. 02/V Januari 2009


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA