Jumat, H / 23 Agustus 2019

Aku Memiliki yang Allah Tidak Miliki

Kamis 29 Nov 2018 09:55 WIB

Author :Redaksi

Allah

Foto: ESQ Media/freepik

ESQNews.id, JAKARTA - Dikisahkan dalam sebuah riwayat, pernah terjadi ketegangan antara Abu Hudzaifah dengan Umar bin Khathab lantaran kata-kata Abu Hudzaifah yang sedikit mengandung kontroversi. Abu Hudzaifah saat bersama Umar mengatakan.


"Hai Umar ibn Khathatab. Aku adalah orang yang mencintai fitnah dan membenci kebenaran,"


Perkataan Abu Hudzaifah lantas tak direspon Umar. Namun Abu Hudzaifah kembali berkata, "Aku adalah orang yang lari menghindari rahmat Allah,"


Umar mulai terlihat marah, akan tetapi masih bisa menahan emosinya. Kembali Abu Hudzaifah berkata "Aku adalah orang yang memiliki sesuatu di dunia ini yang Allah tidak miliki."


Mendengar kata-kata itu, Umar langsung berkata. "Apa yang kau katakan hai Hudzaifah, lebih baik aku pergi dari sini," kemudian Umar melangkah pergi.


Di perjalanan, Umar bertemu dengan Ali bin Abu Thalib. Ali yang melihat raut kemarahan Umar langsung bertanya. "Hai Amirul Mukminin, apakah yang membuat tanda marah di wajahmu begitu jelas?"


Kemudian Umar bercerita tentang kata-kata yang dilontarkan Abu Hudzaifah.


"Sesungguhnya Abu Hudzaifah sedang mencandaimu hai Umar. Benar lah dia adalah seorang yang mencintai fitnah yakni wanita dan anak-anak, dan membenci kebenaran bernama kematian. Kemudian siapa yang tak lari berteduh disaat rahmat Allah bernama hujan itu turun? Lantas Allah tidak beranak dan tidak diperanakan, sedangkan Abu Hudzaifah memiliki ibu dan anak-anak,"


Mendengar penjelasan Ali, Umar ibn Khathtab ikut tersenyum.


*Bersumber dari Kitab Hikayatus Sahabah.


Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA