Jumat, H / 29 Maret 2024

Aktualisasi Suara Hati

Selasa 31 Dec 2019 09:42 WIB

Author :Redaksi

ilustrasi

Foto: theteenagertoday


ESQNews.id - Suara hati adalah dorongan untuk bergerak, melakukan yang terbaik sesuai dengan tuntunan yang telah digariskan olehNya. Suara hati berasal dari bisikanNya yang Maha Tinggi, yang menuntun manusia menemukan arah kemana harus menjalani hidup.


Suara hati berasal dari sebuah kesadaran akan keberadaan Allah dalam diri, berupa sifat-sifatNya yang telah ditiupkan dalam ruh kita. Ia akan berubah menjadi sebuah komitmen spiritual manakala dipadukan dengan kepekaan emosional dan diterjemahkan dalam langkah-langkah yang nyata.

<more>

Aktualisasi ini menjadi penting karena bila suatu tujuan tidak dilaksanakan berdasarkan panduan suara hati, maka yang akan terjadi adalah penghalalan segala cara untuk meraihnya, atau sebaliknya justru menjadi kehampaan manakala telah berhasil menggenggamnya.


Suara hati adalah kompas dalam kehidupan manusia untuk menemukan arah yang tepat guna mencapai tujuan. Ia adalah rambu manakala rasio tak lagi mampu membedakan mana yang benar dan yang salah. Ia adalah cambuk yang menghentakkan jiwa manusia untuk berbuat, sesuai dengan sifat-sifat yang telah Allah tiupkan dalam hati manusia. Karena itu, suara hati harus senantiasa teraktualisasi dalam gerak yang nyata hingga ia akan menjadi ruh untuk setiap aktivitas kita, menjadi hambaNya yang taat di dunia ini.


Tulisan ini telah terbit di buku "Mengapa ESQ"

Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA