Sabtu, H / 11 Juli 2020

5 Camilan Sehat Agar Nonton Bola Semakin Nikmat

Jumat 29 Jun 2018 16:00 WIB

Santi Rahmawati

Fifa World Cup 2018

Foto: pinterest

ESQNews.id - Piala Dunia 2018 menjadi salah satu acara yang banyak digemari oleh masyarakat saat ini. Jika Anda adalah salah satunya, maka hal lain yang paling sering dilakukan sambil menonton pertandingan yang hanya berlangsung empat tahun sekali tersebut tidak lain adalah ngemil.


Ya, memakan camilan saat menonton piala dunia yang berlangsung pada malam hingga dini hari sebetulnya tidak baik lho. Karena pada jam tersebut organ tubuh waktunya beristirahat dan tidak dalam kondisi bekerja untuk menerima asupan makan.


Akan tetapi, bagi Anda yang sulit meninggalkan kebiasaan ngemil pada malam hari sebaiknya perlu memperhatikan camilan yang akan Anda konsumsi. Sebelum membahas apa saja camilan yang sehat untuk nonton bola, Anda perlu mengetahui tips cerdas dalam memilih camilan yang sehat. 

1. Memilih camilan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral

Salah satu jenis zat gizi yang sulit terpenuhi kebutuhan hariannya adalah serat. Hal ini bisa dipenuhi dengan memanfaatkan kebiasaan ngemil saat nonton bola dengan pilihan camilan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral.

2. Hindari camilan yang mengandung banyak lemak

Biasanya makanan yang diolah dengan cara digoreng mengandung banyak lemak yang dapat meningkatkan kolestrol. Untuk itu, hindari makanan yang berlemak dan beralih ke makanan yang diolah dengan metode panggang, kukus, atau rebus.

3. Pilih minuman rendah kalori dan kafein

Selain makanan, minuman yang Anda konsumsi saat ngemil juga perlu diperhatikan. Hindari minuman dengan kadar kalori yang tinggi dan mengandung kafein.

4. Tetap kontrol porsi

Kebiasaan ngemil seringkali membuat kita lupa akan kadar porsi yang telah dikonsumsi. Untuk itu, saat nonton bola sambil ngemil selalu sediakan camilan sehat dengan porsi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, tidak berlebihan juga dalam mengkonsumsinya walaupun itu baik untuk tubuh.


Nah, setelah kita tahu tips sehat dalam memilih camilan, selanjutnya adalah mengetahui apa saja jenis camilan sehat yang bisa dikonsumsi saat nonton bola berikut ini:

1. Popcorn tanpa rasa

Ternyata popcorn yang biasa kita konsumsi saat menonton film di bioskop juga dapat menjadi pilihan sebagai camilan sehat karena memiliki kandungan karbohidrat, vitamin, dan serat dari jagung.

Buatlah popcorn panggang tanpa bahan minyak, dan hindari tambahan rasa atau bumbu kemasan agar popcorn lebih sehat. Sebagai gantinya Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis agar popcorn tetap nikmat dan sehat.

2. Buah

Sudah pasti, buah menjadi salah satu menu yang wajib masuk daftar sebagai camilan sehat karena mengandung serat, vitamin, dan mineral. Pilihlah buah yang padat gizi dan serat, seperti apel, kiwi, jambu biji, dan pisang.

3. Kacang-kacangan atau biji-bijian

Kandungan serat, vitamin, mineral, dan fitonutrien yang tinggi membuat kacang bisa menjadi pilihan menu camilan sehat Anda saat menonton bola. Jenis kacang yang dapat menjadi pilihan antara lain kacang kedelai, kacang mede yang dipanggang, atau kacang edamame rebus.

4. Keripik Sayur atau Buah yang Dipanggang 

Kripik yang berbahan dasar sayur atau buah juga bisa menjadi pilihan menu camilan sehat Anda. Usahakan pilih kripik yang diolah dengan cara dipanggang dan bukan digoreng apalagi ditambah dengan balutan tepung. Dan batasi konsumsi kripik paling banyak 1-2 tangkupan tangan orang dewasa.

5. Biskuit gandum

Asupan serat bisa terbantu dengan mengkonsumsi camilan tinggi serat seperti biskuit gandum. Biskuit gandum dengan selai kacang akan menjadi kolaborasi camilan yang tinggi serat dan protein.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat ESQNews.id rangkum khusus untuk Anda. Selamat mencoba!



Dapatkan Update Berita

BERITA LAINNYA